Breaking News:

Tips dan Trik

Tips dan Cara Ampuh Berhenti Merokok, Ini Tahapan Harus Dilakukan

Dikatakan bahwa berhenti merokok memerlukan penanganan tidak hanya dari satu jenis intervensi saja, tetapi melalui beragam program

Editor: Wawan Perdana
Kemkes
Kampanye #BeraniBerhenti pada Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) tahun 2021. 

TRIBUNSUMSEL.COM-Banyak orang ingin berhenti merokok namun sulit merealisasikannya.

Banyak faktor yang memengaruhi. Bagian kebanyakan orang, keputusan berhenti merokok adalah sebuah proses yang tidak mudah.

Apalagi jika kebiasaan merokok tersebut dilakukan sejak lama.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan supaya berhenti merokok.

Guru Besar FKKMK Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof Dr Yayi Suryo Prabandari, mengatakan untuk bisa berhenti merokok tidak hanya komitmen di tingkat individu, tetapi juga butuh dukungan keluarga, komunitas atau lingkungan, serta layanan kesehatan.

"Berhenti merokok memang sebuah proses," ujarnya dalam webinar peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2021 yang diadakan oleh Pusat Perilaku dan Promosi Kesehatan FKKMK UGM secara daring, Senin (31/5/2021).

Dari kajian literatur yang ada, sebagian itu efektif di waktu 6 bulan awal, setelahnya perlu ada penguatan dan pendampingan kembali.

Dengan beragam program

Dikatakan bahwa berhenti merokok memerlukan penanganan tidak hanya dari satu jenis intervensi saja, tetapi melalui beragam program.

Salah satunya melalui strategi perlindungan terhadap asap tembakau dengan melaksanakan dan menguatkan: kawasan tanpa rokok (KTR) advokasi jejaring untuk menerapkan KTR berpartisipasi dalam pengembangan dan pengawasan KTR.

Halaman
1234
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved