Breaking News:

Berita Palembang

Tatap Pemilu 2024, PDI-P Tak Ingin Sekedar Jadi Pemenang Tapi Kursi Ketua DPRD

PDI-P menganggapnya sangat penting dan tak ingin sekedar jadi pemenang (peraih suara terbanyak) di Sumsel saja, namun kursi ketua DPRD harus diraih.

Penulis: Arief Basuki Rohekan | Editor: Yohanes Tri Nugroho
TRIBUNSUMSEL.COM/ARIEF BASUKI ROHEKAN
Ketua DPD PDI Perjuangan Sumsel, Giri Ramanda N Kiemas menyampaikan target PDI Perjuangan pada pemilu 2024 Mendatang. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG,--Meski pelaksanaan Pemilu 2024 masih cukup lama, namun Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) menganggapnya sangat penting dan tak ingin sekedar jadi pemenang (peraih suara terbanyak) di Sumsel saja, namun kursi ketua DPRD harus diraih.

Mengingat pada pemilu 2019 lalu, PDI-P meraih suara terbanyak tapi hanya meraih 11 kursi dibanding partai politik lain, namun kursi ketua DPRD Sumsel diraih partai Golkar yang meraih 13 kursi.

"Pemilu 2024 penting, dimana pemilu 2019 lalu kita memang pemenang pemilu, namun tidak dapat ketua DPRD Sumsel karena kalah kursi meski menang suara, dan kedepan kita harus menang pemilu dan harus dapat ketua DPRDnya juga," kata Ketua DPD PDI-P Sumsel Giri Ramanda, Senin (31/5/2021) pasca rapat kerja pengurus DPC PDI-P Kabupaten/ kota se Sumsel beberapa waktu lalu.

Dijelaskan Giri yang juga wakil ketua DPRD Sumsel ini, setelah rapat kerja DPC Kab/kota se Sumsel terkait program kerja setahun kedepan, maka akan dilanjutkan pada 7 Juni rapat kerja tingkat daerah (DPD).

Baca juga: Tanggapan PKS Sumsel Soal PDI-P Tutup Berkoaliasi di Pemilu 2024 : Kita Tahu Dirilah

"Kesimpulannya, rata- rata berbicara tentang konsolidasi di daerah. Artinya, akan menyelesaikan alat kelengkapan- kelengkapan partai itu, termasuk yang mengalami kosong seperti pengurus yang mundur atau meninggal untuk digantii. Kemudian juga, progran pelatihan kader akan kembali dilaksanakan," capnya.

Selain itu juga, kader atau pengurus yang ada mengingkan untuk pengisian jabatan publik kedepan itu, harus kader- kader dari partai berlambang banteng moncong putih tersebu, baik di eksekutif maupun legislatif mulai dari tingkat nasional maupun hingga kabupatenn/ kota diharapkan kader PDI-P.

"Soal siapa orangnya, diserahkan ke mekanisme partai," tandasnya.

Baca juga: PDI-P Tutup Koalisi di Pilpres 2024, Ini Respon Ketua Demokrat Sumsel Ishak Mekki : Bukan Hal Aneh

Ditambahkan keponakan alm Taufik Kiemas ini, pihaknya menargetkan konsolidasi ini harus selesai pada tahun ini, sehingga nanti jumlah pengurus PDIP di Sumsel ada 102. 000 orang.

"Memang jumlah ini lebih besar 10 ribuan dari pengurus sebelumnya, karena ada penambahan organ- organ parta," bebernya.

Beberapa penambahan organ partai itu, dilanjutkan Giri seperti Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) dan ini sudah disiapkan pihaknya untuk estimasi sekitar 30 ribuan TPS (Tempat Pemungutan Suara) se Sumsel nanti ada orangnya nanti.

"Jadi saksi sudah disiapkan dan Juni mulai pelatihan, ini sebagai salah satu persiapan Pemilu 2024 nanti, dimana organisasi sudah bagus, kader disiapkan pelatihan dan disinergikan dengan program- progran kepala daerah dari PDI-P dan anggota legislatif," pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved