Breaking News:

Deklarasi Partai Ummat

Pasca Deklarasi, Partai Ummat Sumsel Punya Batas Waktu Hingga 8 Mei Penuhi Hal Ini

Pasca deklarasi partai Ummat yang dilakukan serentak secara nasional pada 29 April atau 17 Ramadhan lalu, partai besutan Amien Rais

TRIBUNSUMSEL.COM/ARIEF
Ketua DPW Dr Niko Pransisco (kanan) didampingi Sekretaris DPW Fitra Jaya Purnama (tengah), dan Ketua Majelis Pengawas Partai Wilayah M Wiratama Yudha 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG,--Pasca deklarasi partai Ummat yang dilakukan serentak secara nasional pada 29 April atau 17 Ramadhan lalu, partai besutan Amien Rais terus fokus pada pembentukan struktur partai hingga tingkat Kecamatan.

Menurut Sekretaris DPW partai Ummat Sumsel Fitra Jaya Purnama, pihaknya optimis struktur partai Ummat di Sumsel akan kelar sebelum dilakukannya verifikasi faktual (Verfak) oleh Kementerian Hukum dan HAM (Menkumham), serta KPU untuk bisa jadi peserta Pemilu 2024 mendatang.

"Kepenguruasan di 17 kabupaten/ kota sudah hampir lengkap minus OKU Timur, tetapi kawan- kawan di DPD dan DPW hari ini mulai bergotong royong, mancari serta  membentuk kepengurusan di OKU Timur . Insya Allah nanti sudah kita dapatkan nama- nama kepengurusan di OKU Timur tersebut tinggal di susun saja sampai ke cabang," kata Fitra, Selasa (4/5/2021).

Mantan kader Partai Amanat Nasional (PAN) ini pun memastikan, dari 16 kabupaten/ kota yang ada di Sumsel termasuk tingkat DPW (provinsi), sudah terbentuk pengurus partai Ummat untuk cabang- cabangnya di kecamatan daerah masing-masing kota/kabupaten.

"Alhamdulillah saat ini sudah terbentuk kadernya sampai kemarin sudah sekitar 70 persen,  insya Allah dalam 3 sampai 4 hari kedepan, cabang- cabang yang ada di Sumsel bisa 100 persen  kepengurusannya," beber Fitra. 

Ditambahkan Fitra yang selama ink dekat dengan trah alm Fahri Azhari, dari kepengurusan yang terbentuk ini 
akan segera di laporkan ke DPP. Mengingat deadline atau batas waktu dari DPP sampai 8 Mei 2021 mendatang sudah harus terbentuk semua, untuk kepengurusan di kabupaten/ kota hingga kecamatan se Indonesia. 

"Secepatnya, setelah terbentuk kepengurusan dibawah, kita akan mendaftarkan ke Kemenhumham," tuturnya.

Dilanjutkan Fitra, pihaknua yakin partai Ummat ini akan masuk sebagai peserta pemilu pada tahun 2024 nanti, mengingat banyak kader partai politik khususnya PAN sudah bergabung.   

"Saat ini, sudah banyak kader- kader dari partai lain yang sudah mulai bergabung di partai Ummat ini. Seperti  dari kader partai PAN,  Hanura , Nasdem , PKS, PKB, PBB , Golkar dan Perindo," tandasnya.

Selain itu, pihaknya juga membuka pintu selebar-lebarnya bagi masyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat maupun anak muda, yang ingin bergabung ke partai Ummat tersebut.

"Meski partai Ummat bernuansa agama Islam, namun kita tetap membuka seluas- luasnya bagi masyarakat termasuk non muslin, untuk bersama- sama membesarkan partai Ummat, karena partai Ummat partai modern," tukasnya. 

Penulis: Arief Basuki Rohekan
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved