Breaking News:

Hari Kartini 2021

Cerita Dinda, Nikah Usia Muda, Pasrah Hidup Apa Adanya

Anak-anak saya masih kecil jadi yang satunya ikut keluarga dan yang duanya saya yang jaga bersama suami.

TRIBUN SUMSEL/LINDA TRISNAWATI
Dinda, wanita muda berusia 18 tahun di Palembang yang sudah memiliki tiga anak. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Di zaman modern seperti saat ini ternyata masih ada warga Palembang yang tidak mengenyam pendidikan dan bahkan menikah di usia muda.

Dinda merupakan warga Palembang yang usianya saat ini 18 tahun, namun sudah memiliki tiga orang anak.

"Saya menikah diusia 13 tahun dan kini sudah punya tiga anak," kata Dinda Warga di Kelurahan 7 Ulu, Selasa (20/4/2021)

Lebih lanjut ia bercerita, bahwa kesehariannya saat ini mengurus anak-anak. Dari tiga anaknya, dua anaknya ikut Dinda dan suami. Sedangkan satu anaknya diasuh keluarganya.

"Anak-anak saya masih kecil jadi yang satunya ikut keluarga dan yang duanya saya yang jaga bersama suami," kata Dinda sambil mengurus anaknya.

Dinda tinggal di rumah panggung dengan kondisi yang cukup memprihatinkan. Bagaimana tidak di rumahnya tersebut hanya ada tempat tidur, lemari dan tidak ada kursi.

Dinda bercerita, bahwa nikah muda bukanlah hal yang mudah untuk dijalani. Bagaimana tidak waktu Dinda sehari-harinya banyak dihabiskan untuk mengurus anak-anaknya.

Namun di sela-sela kegiatan mengurus anak ia sempatkan untuk mengambil upahan cuci. Bahkan untuk masak saja dia kadang tak sempat, sehingga lebih sering beli.

"Untuk bantu-bantu suami saya bantu nyuci biar dapat pemasukan. Sebab suami kerjanya buruh dengan penghasilan yang tak menentu," katanya.

Meskipun jalan hidup yang ia lalui tak muda, Dinda tetap semangat menjalankan hidupnya. Ia jalankan hidupnya apa adanya tanpa mengeluh.

"Pesan saya jangan menikah muda karena terburu-buru. Jadi jangan mengambil keputusan untuk menikah secara mendadak, karena pernikahan itu untuk seumur hidup," kata Dinda.

Padahal seharusnya seusianya masih asik belajar, bercanda dan bermain. Namun karena ia mengambil keputusan untuk menikah muda membuatnya harus menghabiskan waktu mengurus anak-anaknya.

Ketika Tribun Sumsel bertanya, tahu nggak hari Kartini. Dinda pun menjawab nggak tahu. Wajar saja ketika ditanya tentang Hari Kartini Dinda nggak tahu, sebab Dinda tidak mengenyam pendidikan.

"Saya sempat sekolah tapi tidak tamat, SD pun nggak tamat. Penyebabnya karena nggak ada biaya dan juga keluarga saya broken home," ungkapnya.

Ikuti Kami di Google Klik

Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved