Breaking News:

Berita Lubuklinggau

Menyantap Lemang Bambu Daun Lerek di Lubuklinggau, Dipercaya Bisa Turunkan Kolesterol 

Lemang Bambu Daun Lerek di Jl Yos Sudarso, Kelurahan Jawa Kanan SS, Kecamatan Lubuklinggau Timur I, Kota Lubuklinggau menjadi pilihan berbuka warga.

Penulis: Eko Hepronis | Editor: Yohanes Tri Nugroho
TRIBUNSUMSEL.COM/EKO
Pegawai Rusmini saat memanggang lemang bambu daun lerek pesanan pembeli, Selasa (20/4/2021). 

Laporan wartawan Tribunsumsel.com, Eko Hepronis

TRIBUNSUMSEL.COM, LUBUKLINGGAU -- Sepekan terakhir lemang bambu yang jual di Rusmini  (50) di Jl Yos Sudarso, Kelurahan Jawa Kanan SS, Kecamatan Lubuklinggau Timur I, Kota Lubuklinggau ramai pembeli.

Banyak masyarakat di Bumi Sebiduk Semare sengaja datang memilih santapan khas daerah Sumatera Barat ini sebagai hidangan berbuka puasa di awal Ramadan 2021.

Lemang bambu Rusmini ini digemari masyarakat karena berbeda dengan lemang pada umumnya, bila biasanya lemang bambu  menggunakan alas daut pisang.

Namun, lemang bambu dagangan Rusmini ini menggunakan daun larek, daun larek ini dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dan menetralkan asam lambung.

Rusmini bercerita ide membuat lemang bambu menggunakan daun larek ini secara tidak sengaja, awalnya karena hanya untuk memenuhi permintaan suaminya yang hobby makan lemang.

"Pertama sekali karena suami saya hobby makan lemang di campur soto, akhirnya karena punya usaha, langsung kepiikiran usaha apa yang digemari masyarakat Lubuklinggau," ungkapnya pada wartawan,  Selasa (20/4/2021).

Baca juga: Persediaan Sembako Kota Lubuklinggau Dipastikan Aman dan Terkendali, Selama Ramadhan dan Idul Fitri

Ditengah mencari ide itu, kemudian Rusmini bercerita dengan temannya yang menawarkan untuk membuat lemang bambu daun lerek.

Akhirnya masukannya temannya itu ia langsung pelajari.

"Ternyata ketika ujicoba enak, memang nenek dulu pernah bilang kalau daun lerek jadi alas lemang enak, dan mempunyai khasiat kesehatan, karena kolestrol bisa terhindar, dan asam lambung netral," ujarnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved