Breaking News:

Herman Deru Tinjau Pasar Jelang Ramadan 1442 H, Nilai Kenaikan Harga Bahan Pokok Tergolong Wajar

Kenaikan harga terjadi lantaran permintaan yang meningkat. Namun, kenaikan harga masih wajar.

SRIPO/JATI PURWANTI
Gubernur Sumsel Herman Deru saat meninjau Pasar KM 5 Palembang, Senin (12/4/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Gubernur Sumatra Selatan, Herman Deru, meninjau dua pasar tradisional di Palembang jelang Ramadan yakni Pasar KM 5 dan Pasar Lemabang. Peninjauan pasar tersebut dilakukan demi mengecek harga dan ketersediaan stok di bulan suci.

Menurut Herman Deru, kenaikan harga menjelang ramadan ini tergolong wajar sebab kenaikannya masih di batas toleransi atau masih pada kisaran lima hingga tujuh persen.

"Kenaikan harga terjadi lantaran permintaan yang meningkat. Namun, kenaikan harga masih wajar," ujarnya saat diwawancarai di Pasar KM 5 Palembang, Senin (12/4/2021).

Kendati harga mengalami peningkatan, bagi Deru, yang terpenting pasokan komoditas di pasar masih cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. "Yang repot jika harga sudah naik, pasokan di pasar terbatas," katanya.

Dia berharap agar semua pihak memberikan kejelasan harga kepada masyarkat agar tidak terjadi panic buying yang malah akan mendongkrak harga di pasar.

Namun jika harga sudah terlampau tinggi, dia menginstruksikan agar segera digelar operasi pasar. "Jika ada kenaikan harga yang tinggi, siram dengan operasi pasar," tegas Deru.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sumatra Selatan, Ruzuan Effendi, menyebutkan, kenaikan harga memang terjadi karena lonjakan permintaan.

"Bukan hanya di pedagang pasar saja, kenaikan harga juga telah terjadi di tingkat agen," ujar Ruzuan.

Ruzuan mengimbau agar masyarakat membeli komoditas alternatif dengan harga yang lebih murah. Misalnya saja, daging sapi beku yang harganya Rp 105.000 per kilogram.

Nantinya operasi pasar baru akan dilakukan jika lonjakan harga tidak terkendali. Operasi pasar akan digelar di daerah padat penduduk atau di kawasan yang jauh dari pasar. "Ini dilakukan agar tidak terjadi panic buying di masyarakat," katanya.

Sekadar informasi, harga daging segar di dua pasar tradisional ini berada di kisaran Rp 140 ribu hingga Rp 150 ribu per kilogram. Sebelumnya, harga daging segar Rp 120 ribu. Kemudian, harga ayam sekitar Rp 38 ribu menjadi Rp 40 ribu per kilogram.

Meski terjadi kenaikan harga pada beberapa komoditas, cabai merah memgalami penurunan harga. Pekan lalu harga cabai merah sekitar Rp 60 ribu per kilogram dan saat ini sekitar Rp 40 ribu per kilogram. Sementara, cabai rawit turun dari Rp 60 ribu menjadi Rp 48 ribu per kilogram. Begitu pula dengan bawang merah turun dari Rp 40 ribu per kilogram menjadi Rp 32 ribu per kilogram. (spmg3)

Ikuti Kami di Google Klik

Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved