Breaking News:

TACB Provinsi Sumsel Tinjau Megalit di Lahat, Akan Diusulkan Sebagai Cagar Budaya

Usai melakukan peninjauan, Tim Ahli Cagar Budaya ( TACB ) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) bakal mengusulkan megalitdi Lahat Sebagai Cagar Budaya.

Tim Ahli Cagar Budaya (TACB )
Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melakukan peninjauan megalit yang ada di Kabupaten Lahat. 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Linda Trisnawati

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Tim Ahli Cagar Budaya ( TACB ) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang diketahui Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aufa Syahrizal Sarkomi bersama anggota TACB Budiana Kepala Balar,

Yudi Saropi Budayawan, DR. Ari Siswanto Dosen UNSRI, Cahyo Kabid Kebudayaan Disbudpar Sumsel, Ariandini Novita Arkeolog beserta Marioto Andramatik Budayawan sekaligus Stafsus Bupati Lahat bidang Kebudayaan dan Pariwisata Lahat meninjau megalit yang ada di Lahat.

"Lahat dijuluki sebagai Kabupaten yang memiliki banyak megalit, maka Kabupaten Lahat disebut seribu megalit," kata Kepala Disbudpar Provinsi Sumsel Aufa Syahrizal Sarkomi saat diwawancarai Tribun Sumsel secara khusus, Rabu (7/4/2021).

Menurutnya, dalam catatan Budayawan Marioto Andramartikā©,  setidaknya terdapat 1.025 karya megalit di 44 situs di seluruh Lahat. Ini adalah jumlah megalit terbanyak di Indonesia yang ada pada satu daerah.

"Situs megalit di Lahat banyak diantaranya Situs Tinggi Hari 1, Situs Tinggi Hari 2, Situs Tinggi Hari 3, Situs Gunung Kaya, Jarai, Sinjar Bulan, Rindu Hati dan lain-lain," kata Aufa

Baca juga: Bupati OKU Timur Bersama Gubernur Sumsel Dampingi Menteri Pertanian Panen Raya

Menurutnya, untuk temuanya beragam, ada lumpang batu atau batu dakon, menhir, tetralit, arca manusia (tinggi hari). Sinjar Bulan dan Rindu Hati banyak berupa arca.

"Spesifikasinya misal arca, sudah mengenakan perhiasan kalung atau gelang kaki, membawa senjata untuk arca manusia menunggang kerbau atau gajah," ungkapnya.

Maka menurutnya, bisa diasumsikan bahwa mereka telah hidup menetap dan melakukan domestikasi hewan dan tumbuhan, bahan sudah mengenal logam.

"Kabupaten Lahat disebut seribu megalit karena di Kabupaten ini banyak ditemukan megalit. Bahkan ada temuan baru antara lain Lumpang batu di Desa Bandar Aji," katanya.

Tim Ahli Cagar Budaya ( TACB ) Provinsi Sumsel melakukan peninjauan megalit yang ada di Kabupaten Lahat
Tim Ahli Cagar Budaya ( TACB ) Provinsi Sumsel melakukan peninjauan megalit yang ada di Kabupaten Lahat (ISTIMEWA)
Halaman
12
Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Yohanes Tri Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved