Breaking News:

Hindari Kesalahan Masak Udang

Tips Cara Memasak Udang, Hindari 7 Kesalahan Masak Udang, Jangan Kupas Kulit Saat Dibakar

Jika kamu memasak udang, ada baiknya memperhatikan sejumlah trik di bawah ini, agar olahan udang terasa lebih nikmat dan empuk di lidah.

(Shutterstock)
Ilustrasi Memasak udang. 

TRIBUNSUMSEL.COM--Jika kamu memasak udang, ada baiknya memperhatikan sejumlah trik di bawah ini, agar olahan udang terasa lebih nikmat dan empuk di lidah.

Sebelum proses memasak, ada baiknya kamu mengetahui beberapa hal penting dalam memilih udang berkualitas baik. Pilih udang segar dengan ciri-ciri tekstur kulit keras, daging kenyal, kepala belum terpisah dari badan, warna kulit bening dan tidak merah, serta bau tidak menyengat.

Hindari 7 kesalahan umum saat memasak udang, sebagaimana dilansir The Spruce Eats.

1. Jangan cairkan udang pada suhu ruang atau microwave
Menyimpan udang dalam freezer, dapat menjaga kualitas dan memperpanjang masa simpan. Namun, kamu tidak bisa langsung mengolah udang beku, melainkan harus dicairkan terlebih dahulu.

Pada proses mencairkan udang atau disebut thawing, tidak bisa terburu-buru. Pasalnya, udang beku sebaiknya tidak dicairkan dengan freezer maupun suhu ruang.

Letakkan dulu udang beku dari freezer ke dalam kulkas. Tunggu sampai benar-benar mencair biasanya semalaman, baru olah.

Cara lain, masukkan udang beku dalam kantong plastik ziploc, keluarkan semua udaranya alias vakum. Siram air dingin mengalir selama 5-10 menit. Jangan gunakan air hangat atau air panas.

Hindari juga mencuci udang beku secara langsung karena air akan terserap dan udang jadi lembek.

Baca juga: Hidup Sehat di Masa Pandemi Virus Corona, 5 Gaya Hidup Bisa Ampuh Jaga Kesehatan Tubuh

2. Tidak ditaruh tusukan saat memanggang udang

Memanggang atau membakar udang, cara paling simpel mengolah seafood satu ini. Sebaiknya, tusukkan udang dalam tusukan sate. Pasalnya, udang mudah matang, lebih kurang dua menit per sisi. Kalau tidak taruh tusuk sate, kamu bisa menghabiskan waktu membalik udang satu per satu.

Halaman
123
Editor: Hanafijal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved