Breaking News:

Penyakit Asam Urat

Serangan Asam Urat Mendadak, Ada 6 Cara untuk Antisipasi, Jaga Agar Sakitnya Tidak Berulang

Serangan asam urat biasanya dalam bentuk artritis gout, yaitu peradangan yang menyakitkan disebabkan oleh pembentukan kristal asam urat

(shutterstock)
Ilustrasi Sakit Asam Urat. 

TRIBUNSUMSEL,COM--Selain orang tua, kIni semakin banyak orang yang masih berusia muda mengidap penyakit asam urat. Serangan asam urat biasanya dalam bentuk artritis gout, yaitu kondisi peradangan yang menyakitkan yang disebabkan oleh pembentukan kristal asam urat di persendian.

Serangan itu bisa terjadi secara tiba-tiba, dan paling sering dimulai pada jempol kaki. Rasa sakitnya luar biasa. Bahkan berjalan atau bergerak sedikit saja sudah terasa sakitnya.

Perlu diketahui bawa asam urat adalah senyawa yang dibuat saat tubuh memecah purin, yang ditemukan di tubuh dan makanan yang kita santap.

Kadar asam urat yang tinggi menyebabkan terbentuknya kristal asam urat, yang kemudian menumpuk di persendian. Kondisi inilah yang menyebabkan timbulnya rasa sakit dan pembengkakan.
Orang dengan asam urat mengalami periode di mana gejala memburuk, yang dikenal sebagai serangan asam urat. Gout menyerang antara 1-4 persen populasi dunia, meskipun di beberapa negara, prevalensinya lebih tinggi, mendekati 10 persen, dan lebih sering menyerang pria.

Baca juga: Hidup Sehat di Masa Pandemi Virus Corona, 5 Gaya Hidup Bisa Ampuh Jaga Kesehatan Tubuh

Faktor Penyebab Asam Urat

Sesungguhnya seorang berisiko terkena serangan asam urat jika dia memiliki kadar serum asam urat yang tinggi. Hal itu bisa memicu kondisi yang disebut hiperurisemia, dan menyebabkan terbentuknya kristal monosodium urat (MSU).

Jika terlalu banyak kristal MSU di dalam tubuh, maka kandungan itu akan menumpuk di persendian, cairan, dan jaringan, hingga menimbulkan efek asam urat dan efek samping yang terkait.

Namun, penting untuk diperhatikan, hiperurisemia tidak selalu menyebabkan serangan asam urat. Penumpukan kristal MSU dapat disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk mengeluarkan asam urat melalui urine.

Orang lebih cenderung menderita gout ketika ginjal mereka tidak berfungsi dengan baik. Sebab, ginjal bertanggung jawab atas 60-70 persen dari total ekskresi asam urat dalam tubuh.

Penyakit Genetik

Halaman
1234
Editor: Hanafijal
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved