Breaking News:

Berita Palembang

Ramadan 1443 H, Masjid SMB Jayo Wikramo Palembang Batasi Waktu Salat Tarawih, Juga Jumlah Jemaah

Normalnya, kapasitas masjid ini bisa menampunh hingga 20 ribu orang, kalau tidak covid paling banyak sekitar 2 ribu orang yang salat.

TRIBUN SUMSEL/MELISA WULANDARI
Ketua Yayasan Masjid SMB Jayo Wikramo Palembang, Kgs Ahmad Sarnubi. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Bila biasanya setiap Salat Tarawih di Masjid SMB Jayo Wikramo Palembang menghabiskan 1 juz, tahun ini menjadi berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Ketua Yayasan Masjid SMB Jayo Wikramo Palembang, Kgs Ahmad Sarnubi mengatakan salat tarawih selama bulan Ramadan di Masjid yang biasa disebut Masjid Agung Palembang ini dibatasi waktunya.

"Salat tarawih di Masjid SMB Jayo Wikramo ini setiap tahunnya sudah menjadi tradisi dan ciri khas menghabiskan 1 juz untuk 1 malam saat salat tarawih. Kalau biasanya diperkirakan selesai sampai pukul 21.00-21.30. Salat isya dimulai pukul 19.15 maka akan makan waktu 2 jam," jelasnya, Selasa (6/4/2021).

Namun karena pandemi covid 19 yang belum berakhir maka waktu salat tarawih dibatasi paling lama 1 jam seperempat.

"Kalau salat Isya dimulai pukul 19.15 maka harus selesai pukul 20.30," katanya.

"Artinya untuk pembacaan ayat saat salat tarawih setelah Alfatiha tidak sampai satu juz namun tetap mengkhatamkan 1 juz. Maksudnya begini, di dalam 1 juz itu kan ada beberapa ayat maka dibaca tidak hanya pada salat tarawih saja namun dibaca saat salat maghrib, isya, tarawih dan subuh maka terpenuhilah 1 juz dalam 1 hari. Besoknya dilanjut juz baru hingga khatam," jelasnya.

Tidak hanya itu, pihak Yayasan Masjid SMB Jayo Wikramo Palembang juga akan menggunakan beberapa ruangan di masjid, hal ini dilakukan agar tidak terjadi penumpukan pada saat salat.

"Normalnya, kapasitas masjid ini bisa menampunh hingga 20 ribu orang, kalau tidak covid paling banyak sekitar 2 ribu orang yang salat. Kalau covid begini, bila ruang Darussalam penuh maka kami harus menyediakan ruangan dan pelataran masjid," katanya.

Baca juga: Finalis KMA 2021, Iche Andriyani Liberty, Perempuan Sukses Bisa Urus Anak dan Suami dengan Baik

Baca juga: Sepekan Turun, Kini Harga Karet Naik Tipis

Selain itu, Ramadan tahun ini Yayasan Masjid SMB Jayo Wikramo Palembang tidak menyiapkan buka puasa bersama tetapi tetap menerima sedekah dari masyarakat dan akan disalurkan kepada yang membutuhkan.

"Akan kami salurkan kepada musafir yang mau berbuka puasa di masjid dan tak lupa kepada petugas petugas masjid baik keamanan maupun kebersihan," katanya.

Menjelang 10 hari akhir Ramadan masjid akan dibuka selama 24 jam karena ada itikaf, salat tahajud bersama, sahur bersama bagi yang ingin sahur tetapi untuk makan sahur tidak disediakan. 

Ikuti Kami di Google Klik

Penulis: Melisa Wulandari
Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved