Breaking News:

Minum 8 Gelas Air Putih Sehari

Khasiat Minum 8 Gelas Air Putih Sehari, Bisa Hilangkan Sakit Kepala, dan Turunkan Berat Badan

DOKTER sangat menganjurkan agar kita selalau minum air putih minimal 8 gelas dalam sehari. Mengapa? Karena sangat berguna bagi kesehatan.

shutterstock
ilustrasi 

TRIBUNSUMSEL.COM--DOKTER sangat menganjurkan agar kita selalau minum air putih minimal 8 gelas dalam sehari. Mengapa? Karena minum air putih sangat berguna bagi kesehatan.

Lantas apa sih manfaat dari minum air putih yang banyak setiap hari?

Berdasarkan penjelasan the National Academy of Medicine, -sebuah organisai non-profit di Amerika Serikat, bahwa 70-75 persen berat badan orang dewasa berasal dari air. Melihat gambaran itu saja sudah dapat dibayangkan betapa air mengambil peranan yang penting di dalam tubuh yang sehat.

"Kebutuhan air berbeda antara orang yang satu dengan orang yang lain," kata ahli gizi Lisa R. Young, PhD, RDN, yang adalah profesor nutrisi di Universitas New York, AS.

Baca juga: Menurunkan Berat Badan dengan Cara Minum Air Putih tak Perlu Kurangi Porsi Makan

Menurut Lisa, berbagai faktor akan memengaruhi berapa banyak air yang kita butuhkan setiap hari. Penghitungan ini termasuk mempertimbangkan tingkat aktivitas, lingkungan, musim, pola makan, jenis kelamin, kesehatan pribadi (penderita diabetes membutuhkan lebih banyak air), dan bahkan obat-obatan.

Lisa menyarankan banyak kliennya untuk menghitung gelas, dan juga memantau tubuh, bukan hanya karena rasa haus untuk melihat kecukupan air harian.
Akan tetapi untuk mengetahui bagaimana tubuh bisa berfungsi optimal ketika terhidrasi dengan baik, dapat membantu kita mengenali diri, saat tubuh membutuhkan air.

Jadi apa yang terjadi jika kita meminum air dalam jumlah yang cukup?

Baca juga: Jangan Lagi Minum Air Putih Sisa Semalam, Ini Dampak Bahaya Bagi Tubuh

1. Lebih pintar dan lebih bahagia
Air dalam hal ini termasuk teh, kopi, jus, dan cairan lain, tetapi bukan alkohol, membuat otak melakukan hal-hal menakjubkan.

Sebanyak 75 persen materi abu-abu otak terdiri dari air. Sehingga, jika tetap terhidrasi dengan baik, maka akan dipastikan otak tetap bekerja optimal. Sebab, dehidrasi terbukti dapat memengaruhi fungsi kognitif.

Ada penelitian terhadap mahasiswa kedokteran di China yang tidak diberi air minum selama 36 jam. Dari sana terbukti, responden mendapat nilai buruk pada tes kemampuan kognitif dan memori jangka pendek. Satu jam setelah mereka diberi 10 gelas air untuk diminum, tes ulang menunjukkan skor mereka meningkat.

Halaman
1234
Editor: Hanafijal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved