Breaking News:

Sejarah Paskhas, Arti Nama, dan Berikut Kemampuan Khusus Pasukan Elite TNI AU Ini

Apakah kalian sudah tahu sejarah terbentuknya Paskhas, arti dan kemampuannya? Berikut ulasannya

Paskhas.mil.id
Pasukan elite TNI AU yang dinamai Pasukan Khas (Paskhas) dan dikenal pula sebagai Korps Baret Jingga 

TRIBUNSUMSEL.COM-Pasukan Paskhas yang sedang berjaga di Bandara Amenggaru, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, diserang oleh anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Jumat (19/2/2021).

Tidak ada korban jiwa dari pasukan Paskhas, sedangkan di kubu KKB satu orang tewas.

Apakah kalian sudah tahu sejarah terbentuknya Paskhas, arti dan kemampuannya? Berikut ulasannya.

1. Sejarah

Berawal dari permintaan Gubernur Kalimantan Mohammad Noor kepada Kasau Marsekal Soerjadi Soerjadarma untuk menerjunkan pasukan payung di Kalimantan guna membantu perjuangan rakyat Kalimantan, disambut baik oleh Kasau dengan menunjuk Tjilik Riwut untuk menyiapkan prajurit-prajurit auri melaksanakan tugas penerjunan di Kalimantan.

Pada tanggal 17 Oktober 1947 dini hari sebuah pesawat Dakota memecah keheningan daerah Maguwo lepas landas menyeberangi lautan dan menelusuri belantara rimba Kalimantan menuju Kotawaringin sebagai daerah sasaran penerjunan.

Pesawat Dakota yang diawaki Kapten pilot Bob Freeberg dengan Copilot Makmur Suhodo serta dibantu jump master amir hamzah dan pemandu jalan mayor tjilik riwoet bersama 13 pejuang prajurit auri sebagai satgas dakota ri-002 siap melaksanakan penerjunan di kotawaringin, kalimantan untuk meneruskan perjuangan bangsa indonesia.

Tepat pukul 07.00 wib pesawat Dakota yang membawa 13 pejuang prajurit AURI berada diatas sasaran melakukan penerjunan di daerah Sambi, Kotawaringin, Kalimantan Tengah.

Paskhas TNI AU
Paskhas TNI AU (TRIBUNNEWS)

Tugas yang dibebankan kepada ketigabelas peterjun tersebut adalah membentuk dan menyusun gerilyawan, membantu perjuangan rakyat Kalimantan, membuat stasiun radio untuk perhubungan Yogyakarta– Kalimantan serta mengusahakan dan menyempurnakan daerah penerjunan untuk dijadikan daerah penerjunan selanjutnya.

Peristiwa penerjunan yang dilakukan oleh tigabelas prajurit AURI di Kalimantan tersebut merupakan peristiwa yang menandai lahirnya satuan tempur Pasukan Khas TNI Angkatan Udara yang dikukuhkan duapuluh tahun kemudian berdasarkan keputusan Men/Pangau nomor 54 tahun 1967, tanggal 12 Oktober 1967.

Halaman
123
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved