Breaking News:

Daftar Harga Mobil Baru Setelah PPnBM 0 Persen Maret 2021, Ini Perkiraannya (Estimasi)

Harga sejumlah merek mobil akan mengalami penurunan setelah diberlakukannya Pajak Penambahan Nilai atas Barang Mewah (PPnBM) 0 persen

Editor: Wawan Perdana
Toyota Astra
Ilustrasi Foto Toyota Rush : Harga sejumlah merek mobil akan mengalami penurunan setelah diberlakukannya Pajak Penambahan Nilai atas Barang Mewah (PPnBM) 0 persen, mulai Maret 2021. Estimasi (perkiraan) harga mobil akan turun belasan hingga puluhan juta. 

TRIBUNSUMSEL.COM-Harga sejumlah merek mobil akan mengalami penurunan setelah diberlakukannya Pajak Penambahan Nilai atas Barang Mewah (PPnBM) 0 persen, mulai Maret 2021. Estimasi (perkiraan) harga mobil akan turun belasan hingga puluhan juta.

Pemerintah akan memberlakukan tarif 0 persen untuk PPnBM untuk meningkatkan konsumsi masyarakat berpenghasilan menengah atas.

Adapun kriteria mobil yang akan mendapat relaksasi PPnBM 0 persen adalah mobil penumpang 4x2, termasuk sedan dengan kubikasi mesin kurang dari 1.500 cc yang diproduksi di dalam negeri.

Dengan begitu, harga mobil mobil penumpang kurang dari 1.500 cc rakitan lokal atau berstatus completely knocked down (CKD) di Indonesia, akan mengalami penurunan harga belasan hingga puluhan juta rupiah.

Penurunan harga ini sangat diharapkan masyarakat untuk memiliki mobil baru dan menggerakan roda ekonomi di bisnis otomotif.

Pada tahap pertama, insentif akan diberikan 100 persen dari tarif semestinya. Sementara pada tahap kedua insentifnya 50 persen, dan tahap ketiga sebesar 25 persen.

“Harapannya dengan insentif yang diberikan bagi kendaraan bermotor ini, konsumsi masyarakat berpenghasilan menengah atas akan meningkat,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dalam keterangan resminya, Kamis (11/2/2021).

PPnBM Dihapus, Ini Perkiraan Harga Baru Mobil Toyota Rush, Terios, Honda BR-V, Xpander Cross

Di segmen MPV murah, hampir semua kontestan akan mendapat relaksasi yang dimaksud.

Misalnya Toyota Avanza yang saat ini dihargai mulai Rp 200,2 juta (tipe 1.3 E STD M/T) sampai Rp 231,250 juta (tipe 1.3 G A/T).

Dengan PPnBM Avanza sebesar 10 persen dan harga tipe terendah sebesar Rp 200,2 juta, artinya mobil tersebut dikenakan PPnBM Rp 20,020 juta.

Halaman
1234
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved