Breaking News:

Berita Muara Enim

Gubernur Sumsel Akan Ganti Gorong-gorong Tersumbat Pemicu Banjir di Ujanmas Baru Muaraenim

Untuk itu lanjutnya pihaknya akan segera melakukan perbaikan dan mengganti gorong-gorong tersebut dengan Box Colvert

Tribun Sumsel/ Ika Anggraeni
Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru saat meninjau lokasi yang terjadi banjir bandang di desa Ujanmas Baru Kecamatan Ujanmas Kabupaten Muaraenim, Sabtu (31/10/2020). 

TRIBUNSUMSEL.COM, MUARAENIM-Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru akan segera perbaiki gorong-gorong yang tersumbat, pemicu terjadinya banjir di desa Ujanmas Baru Kecamatan Ujanmas, Kabupaten Muaraenim.

Hal ini disampaikannya saat meninjau lokasi yang terjadi banjir bandang di desa Ujanmas Baru Kecamatan Ujanmas Kabupaten Muaraenim, Sabtu (31/10/2020).

Dalam peninjauan tersebut Gubernur Sumsel didampingi oleh Plt Bupati Muaraenim Juarsah, Dandim 0404/Muaraenim Letkol Inf Erwin Iswari, dan Kapolres Muaraenim AKBP Donni Eka Saputra.

Juarsa mengatakan, banjir tersebut terjadi dikarenakan tingkat curah hujan yang cukup tinggi terjadi di sekitar wilayah Ujanmas.

"Sebelum kejadian, hujan lebat memang terjadi sejak sehari sebelum dari siang sampai jam 1 malam, dan dibawah jalan nasional itu ada gorong-gorong yang tidak berfungsi maksimal sehingga debit air yang banyak yang berasal dari anak sungai Mapur tidak bisa mengalir lancar melalui gorong-gorong tersebut sehingga terjadi genangan air dan mengakibatkan banjir,"katanya.

Dijelaskan olehnya dari peristiwa banjir tersebut tercatat ada sebanyak 102 Kepala Keluarga yang terdampak.

"5 rumah diantaranya roboh,dan sisanya tergenang air, akibatnya seluruh harta benda warga terendam air,"katanya.

Untuk itu lanjutnya pihaknya meminta agar gorong-gorong tersebut dapat diperbaiki termasuk aliran anak sungai.

"Mudah-mudahan kejadian serupa tidak terulang lagi, dan karena kondisi cuaca yang sudah memasuki musim hujan, kami menghimbau masyarakat agar waspada banjir,"

"Terutama yang berada di pinggir aliran sungai, dan apabila terjadi bencana diharapkan dapat segera melapor,agar bisa segera di tindak lanjuti,"katanya.

Halaman
12
Penulis: Ika Anggraeni
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved