Breaking News:

Cara Urus Surat Pindah Domisili dari Banyuasin ke Palembang, Warga Mariana Cukup Datang ke OPI Mall

Pengurusan surat pindah bertujuan memperbaharui data base di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta mengganti data di KTP dan KK.

Editor: Vanda Rosetiati
SRIPO/RAHMALIYA
Seorang warga tengah melakukan pengurusan berkas Adminduk di Disdukcapil Banyuasin tepatnya di Kantor layanan terpadu Sembilang OPI Mall 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Bagi warga yang pindah domisili, maka segeralah untuk mengurus kelengkapan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Hal ini penting dikarenakan pengurusan surat pindah bertujuan memperbaharui data base di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta mengganti data di Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga milik Anda (KK).

Secara umum, mengurus surat pindah domisili membutuhkan surat pengantar dari RT dan RW di tempat tinggal lama Anda. Setelah mendapatkan surat pengantar tersebut, Anda harus ke kelurahan dan kecamatan untuk meminta surat keterangan. Terakhir Anda harus mendatangi Disdukcapil dengan membawa syarat-syarat yang telah Anda urus sebelumnya.

Beriku  tata cara cara urus surat pindah dari Kabupaten Banyuasin ke Kota Palembang tanpa ribet.

1) Minta surat pengantar dari RT/RW di tempat yang akan Anda tinggalkan

2) Setelah mendapatkan surat pengantar dari RT/RW, kemudian bawa surat pengantar ke Kantor Kepala Desa untuk mengisi beberapa formulir seperti formulir F-1.01 (formulir biodata), F-1.15 (formulir KK baru), dan F-1.16 (Formulir perubahan KK). Biasanya disini proses pengisian formulir ini akan dibantu oleh petugas.

3) Setelah mendapat surat keterangan dari Kantor perangkat desa dan telah ditandatangi oleh pejabat setempat.

4)Selanjutnya Anda harus mendatangi Disdukcapil di tempat tinggal lama untuk meminta penerbitan Surat Keterangan Pindah Warga Negara Indonesia (SKPWNI) dengan beberapa syarat yang Anda siapkan sebelumnya.
Bagi warga Banyuasin terutama yang berdomisili di kawasan Jakabaring, Rambutan, Mariana dll tak perlu datang jauh-jauh ke Kantor Disdukcapil yang lokasinya di Pangkalan Balai, Anda cukup menyambangi ke Kantor Pelayanan Terpadu Sembilang, lokasinya berada di lantai 2 OPI Mall Lobby Utara dekat Hotel Wyndham.

Selama pandemi Covid-19, jam operasional kantor layanan terpadu Sembilang buka mengikuti jam operasional Mall yakni pukul 11 Siang.

Di sana Anda akan dibantu petugas untuk diarahkan ke petugas yang melayani administrasi kependudukan. Namun, setiap pengunjung yang akan melakukan pengurusan berkas administrasi kependudukan wajib mematuhi protokol kesehatan. Antar pengunjung pun dilakukan jaga jarak aman. Jangan lupa pula pakai yah !

5) Biasanya pada proses ini e-KTP lama Anda akan ditarik untuk menghindari dobel identitas. Nanti akan diberikan informasi waktu pengambilan paling lambat satu Minggu setelah pengurusan
SKPWNI dari Disdukcapil tersebut, baru selanjutnya Anda bisa membawa surat pindah ke alamat domisili baru untuk mengurus surat keterangan pindah datang ke Dinas Dukcapil kota Palembang

7). Kemudian, untuk pengurusan administrasi kependudukan di Kota Palembang juga tidak sulit. Sekarang, selain melalui online pengurusan Adminduk juga dapat dilakukan di Mall Pelayanan Publik (MPP) Jakabaring. Tepatnya di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Disdukcapil 1 zona 1.

Di sini mengcover untuk wilayah Jakabaring dan MPP sendiri. Sehingga, bagi seluruh masyarakat Kota Palembang juga dapat mengakses dan melakukan pelayanan di sini.

Meski ada layanan tatap muka, namun jumlah pengunjung dibatasi maksimal 50 orang perhari dan selebihnya layanan diprioritaskan pada masyarakat yang telah menghubungi secara online melalui WhatsApp sesuai dengan nomor WA yang telah disiapkan.

8) Untuk proses pengurusan berkas untuk pembaharuan KK dan e-KTP hanya butuh waktu maksimal 1x24 Jam.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved