Breaking News:

439 KG Kerupuk Ikan Gabus Dikapalkan ke Singapura, UMKM Binaan Pusri Tembus Pasar Internasional

Menurut Manager Humas PT Pusri Palembang Soerjo Hartono, sampai dengan Tahun 2020, UMKM mitra binaan PT Pusri adalah sebanyak 322, yang tersebar di be

PT Pusri
Proses pembuatan kerupuk ikan gabus UMKM binaan PT Pusri 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG – Sebagai bentuk nyata kepedulian perusahaan terhadap masyarakat khususnya yang menjalankan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang, yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) secara berkelanjutan, melakukan program pembinaan terhadap mitra UMKM yang tersebar di berbagai pelosok negeri. 

Menurut Manager Humas PT Pusri Palembang Soerjo Hartono, sampai dengan Tahun 2020, UMKM mitra binaan PT Pusri adalah sebanyak 322, yang tersebar di beberapa daerah.

Antara lain, Sumatera Selatan, Bengkulu, Jambi, Bangka Belitung, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Lampung dan Kalimantan Barat.

"Jumlah mitra binaan di Tahun ini, bertambah 13 UMKM jika dibandingkan tahun sebelumnya," kata Soerjo, Selasa (11/8/2020).

Foto Pernikahan Diposting di Facebook, Pengantin Baru di Palembang Laporkan Istri Mantan Pacar

Diterangkan Soerjo, pembinaan UMKM di PT Pusri Palembang merupakan program Departemen CSR, diantaranya yaitu kegiatan pelatihan dan pembinaan UMKM dan juga Penyaluran Program Kemitraan.

Kegiatan Pembinaan UMKM, antara lain diterangkan Soerjo memberikan pendampingan dan pelatihan bagi mitra binaan dalam hal pengembangan usaha, aktif mengikutsertakan mitra dalam pameran yang bertujuan supaya mitra dapat mempromosikan produknya, mengadakan studi banding ke usaha lain yang sudah berkembang lebih dulu, dan masih banyak lagi.

Sedangkan penyaluran Program Kemitraan, mengelola penyaluran/ peminjaman modal bagi UMKM dalam sektor perdagangan, jasa, pertanian, industri, peternakan, perikanan, dan perkebunan.

VIDEO Viral Keributan di KRL Gegara Ngotot Ingin Merokok, Satu Penumpang Dipaksa Turun

Seorang Ibu Nyaris Diperkosa Anak Kandung di PALI, Korban Sempat Ditembak tapi Meleset

"Salah satu bentuk pendampingan yang dilakukan Pusri, adalah mendorong agar UMKM binaan dapat naik kelas melalui sertifikasi. Naik kelas disini diartikan mendorong mitra untuk mandiri dan semakin berkembang," capnya.

Dimana, mitra binaan Pusri yang telah berhasil mendapatkan sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI) adalah usaha kuliner Pempek yaitu Pempek Rizky.

Kini Pempek Rizky telah berhasil menembus pasar internasional.

Sebanyak 439 kilo kerupuk ikan gabus khas Palembang dikapalkan ke Singapura pada awal Januari 2020 yang lalu.

Halaman
12
Penulis: Arief Basuki Rohekan
Editor: Weni Wahyuny
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved