Ketua Forsa Sumsel: Rhoma Irama Banyak Membawa Perubahan dalam Hidup Saya

Ada pula orang yang mendengarkan lagu 'Keramat', lalu ia menjadi orang yang berbakti pada kedua orang tuanya.

Penulis: Agung Dwi Ertarto | Editor: Eko Adia Saputra
TRIBUN SUMSEL.COM/EKO AS
Kepala Newsroom Tribun Sumsel dan Sriwijaya Post, Hj. L. Weny Ramdiastuti, berbincang dengan Ketua DPW Fans Rhoma and Soneta (Forsa) Sumsel, Dr. H. Saefudin Latief, M.Si, Senin (22/6/2020). 

Ketua Forsa Sumsel: Rhoma Irama Banyak Membawa Perubahan dalam Hidup Saya

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Senin (22/6/2020), sekitar pukul 15.10, Dr. H. Saefudin Latief, M.Si datang agak tergesa-gesa ke Graha Tribun.

Ia ditemani dua orang yang membawa kamera dan sebuah berkas berisi cover piringan hitam lagu-lagu Rhoma Irama dan sebuah Disertasi. Saefudin sebagai Ketua DPW Fans Rhoma and Soneta (Forsa) Sumsel sengaja datang untuk menjadi salah satu pembawa acara Sumsel Virtual Fest yang diselenggakan Tribun Sumsel dan Sriwijaya Post.

Narasumber atau bintang tamu sore itu memang luar biasa, terutama bagi Saefudin. Sosok The Legend, The Maistro dan sangat dikenal punya basis penggemar nomor wahid di tanah air.

Dia adalah Raden Haji Oma Irama yang lebih populer dengan nama Rhoma Irama. Si Raja Dangdut sengaja diundang sebagai bintang tamu dalam rangkaian kegiatan memeriahkan HUT ke-8 Tribun Sumsel.

Banyak hal yang dibahas, mulai dari produktivitas dan keseharian Rhoma selama pandemi Covid-19 hingga persiapan menuju 50 tahun Soneta Group.

Selama lebih kurang satu jam Saefudin menjadi pembawa acara bersama Kepala Newsroom Tribun Sumsel dan Sriwijaya Post, Hj. L. Weny Ramdiastuti dan Redaktur Tribun Sumsel, Eko Adia Saputro. BE.

Setelah selai, ia pun mengaku sangat senang. Bukan cuma karena sukses menjadi pembawa acara itu, tapi juga karena Rhoma merupakan sosok idola yang banyak membawa perubahan dalam hidupnya.

Saefuddin bukan fans karbitan. Ia sudah mengagumi sosok Rhoma Irama sejak kecil. Saefuddin pun merupakan orang pertama di Indonesia yang menulis Disertasi mengenai Rhoma Irama dan Soneta Group.

"Bagi saya, Rhoma Irama benar-benar sosok yang inspirasi" kata Saefuddin saat dibincangi Kepala Newsroom Tribun Sumsel dan Sriwijaya Post, Weny Ramdiastuti usai acara.

Sebelum Disertasi ini, judul Skripsi Saefudin pun mengenai sang raja dangdut yang berjudul "Nada dan Dakwah Study Deskriptif Terhadap Aktifitas Rhoma Irama dan Soneta Group."

Adapun Disertasi berjudul "Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Lirik-lirik Lagu Dangdut Rhoma Irama (Suatu Pendekatan Hermeneutika-Semiotika)."

"Disertasi setebal 375 halaman ini saya susun selama 2,5 tahun. Ini luar biasa perjuangannya karena Disertasi beda tentunya beda dengan Skripsi dan Tesis. Hasil penelitian Disertasi ini belum pernah diangkat peneliti sebelumnya," terang Saefudin.

Dari penelusuran akademis Saefudin, ternyata Disertasi yang ditulisnya merupakan yang pertama di Indonesia dengan objek penelitian Rhoma Irama dan Soneta Grup.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved