PPDB 2020 Sumsel

Info PPDB 2020 di OKI, Peserta Didik Akan Dialihkan ke Sekolah Lain jika terjadi Kelebihan Kapasitas

ada penjelasan tentang jalur pendaftaran seperti jalur zonasi, prestasi, jalur afirmasi, jalur perpindahan tugas orangtua atau wali.

TRIBUNSUMSEL.COM/WINANDO DAVINCHI
Kepala Dinas Pendidikan OKI, H.M Amin S.Pd, saat disambangi dikantornya, Selasa (19/5/2020). 

TRIBUNSUMSEL.COM, KAYUAGUNG  --  Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2020/2021 di Provinsi Sumatera Selatan dilakukan secara online.

Kebijakan itu tertuang kedalam SE Menteri Kemdikbud No.4 Tahun 2020. Permendikbud membahas soal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2020 pada TK, SD, SMP, SMA dan SMK.

Kepala Dinas Pendidikan OKI, H.M Amin S.Pd. MM, mengungkapkan mengenai pelaksaan kebijakan pendidikan di masa darurat penyebaran Covid-19 berkaitan dengan PPDB tahun 2020.

3 Tahun Lalu Pamit Liburan ke Garut, 6 Pemuda Palembang Tak Pulang hingga Kini, Sang Ibu Curhat Pilu

Oknum Santri di OKUT Gorok Leher Pengasuh Ponpes saat Sedang Salat Tahajud, Motifnya Sakit Hati

"Kami mengikuti peraturan pemerintah agar tidak ada kerumunan saat pendaftaran, karena itu dapat memutus penyebaran Covid-19," Selasa (19/5/2020).

Ditambahkan Amin sesuai Permendikbud, ada penjelasan tentang jalur pendaftaran seperti jalur zonasi, prestasi, jalur afirmasi, jalur perpindahan tugas orangtua atau wali.

"Jadi pembagian penerimaan siswa di setiap sekolah yaitu Zonasi 50 %, Prestasi 30 %, Apirmasi 15 %, perpindahan 5 %,"

"Jika sekolah memiliki jumlah hasil seleksi PPDB melebihi kapasitas sekolah, maka pihak sekolah wajib melaporkan kelebihan calon peserta didik kepada dinas pendidikan sesuai dengan kewenangannya," ungkapnya.

Sedangkan untuk sekolah yang melebihi calon peserta didik akan dialihkan ke sekolah terdekat lainnya.

"Jika daya tampung sekolah lain pada wilayah zonasi yang sama sudah penuh, maka peserta didik disalurkan ke sekolah lain dalam wilayah zonasi terdekat," ujarnya.

Hati-hati saat Melintas, Jalan Provinsi Perbatasan Desa Lingge-Tanjung Raya Empat Lawang Rusak Parah

Ilir Timur (IT) II Semakin Banyak Positif Covid-19, Update Corona di Palembang Selasa 19 Mei Pagi

Menurutnya, menambah ruang kelas baru jika daya tampung untuk jalur afirmasi atau jalur perpindahan tugas orang tua atau wali tidak mencukupi, maka seleksi dilakukan berdasarkan jarak tempat tinggal terdekat ke sekolah.

"Jika daya tampung untuk jalur prestasi tidak mencukupi, maka seleksi dilakukan dengan penentuan pemeringkatan nilai prestasi oleh sekolah," ungkapnya.

Disampaikannya, untuk pengumuman penetapan peserta didik baru dilakukan berdasarkan hasil rapat dewan guru yang dipimpin oleh kepala sekolah dan ditetapkan melalui keputusan kepala sekolah.

"Bila hal kepala sekolah belum definitif, maka penetapan peserta didik baru dilakukan oleh pejabat yang berwenang," pungkasnya.

Penulis: Winando Davinchi
Editor: Weni Wahyuny
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved