Antisipasi Virus Corona

Pemkot Lubuklinggau Persiapkan Rencana Isolasi Wilayah, Ada Kompensasi dan Bantuan Sembako

Pemerintah Kota Lubuklinggau mulai menyiapkan beberapa opsi untuk mengantisipasi penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Kota Lubuklinggau

Tribun Sumsel/ Eko Hepronis
Suasana rapat bersama Pemkot Lubuklinggau dan jajarannya tentang antisipasi Corona, Senin (30/3/2020) 

TRIBUNSUMSEL.COM,COM,LUBUKLINGGAU-Pemerintah Kota Lubuklinggau mulai menyiapkan beberapa opsi untuk mengantisipasi penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Kota Lubuklinggau.

Melalui rapat terbatas yang digelar di OP Room Dayang Torek pada Senin (30/03/2020), dibahas mengenai revisi SK Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 sesuai instruksi Pemerintah Pusat.

Pemkot Lubuklinggau juga merencanakan, dilakukannya isolasi wilayah dengan membuka posko di pintu masuk kota untuk mengawasi orang-orang yang masuk ke Kota Lubuklinggau.

Direncanakan, posko akan dibuka di sejumlah titik, antara lain di Terminal Watas, Kupang, Tanjung Raya, dan Bandara Silampari dan terpusat di eks Pemkab Musi Rawas yang dikoordinir Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Lubuklinggau.

Cegah Corona, Polres Lubuklinggau Telah Batalkan dan Bubarkan 20 Hajatan

Di setiap posko akan disediakan alat-alat antisipasi COVID-19 serta ditempatkan anggota Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, TNI, dan Polisi.

Tak hanya menyiapkan posko, untuk isolasi wilayah, Pemkot juga akan melakukan pendataan pedagang di pasar.

Jika isolasi wilayah akhirnya dilakukan, para pedagang akan mendapatkan kompensasi dari pemerintah serta bantuan sembako bagi warga kurang mampu.

Selanjutnya, Pemkot Lubuklinggau juga membuka rekening donasi dan menyiapkan gudang Dinas Sosial untuk menyimpan barang-barang kebutuhan pokok warga Kota Lubuklinggau.

Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe mengatakan, pemerintah saat ini sedang menyiapkan anggaran jika terjadi isolasi wilayah.

Video Warga Gelar Arisan di Tengah Wabah Corona Viral, Polisi : Otakmu Di Mana, Mati Aja Sana

“Bandara Silampari mungkin tetap dibuka agar barang yang dibutuhkan warga Lubuklinggau khususnya untuk antisipasi COVID-19 dapat cepat sampai. Untuk bus antar kota, kita akan periksa setiap orang dengan menanyakan alasan dan tujuan kedatangannya di Kota Lubuklinggau,” ujarnya.

Wakil Wali Kota (Wawako) Lubuklinggau, H Sulaiman Kohar menyampaikan, SK Gugus Tugas Kota Lubuklinggau perlu direvisi dan disempurnakan sesuai dengan keluarnya Keppres Nomor 9 tahun 2020 tentang perubahan atas Keppres Nomor 7 tahun 2020.

Dalam Keppres Nomor 9 tahun 2020 terdapat dua poin perubahan berupa susunan tugas personalia dan kebijakan anggaran.

Penulis: Eko Hepronis
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved