Pengedar Uang Palsu Ditangkap Saat Kondangan, Keliling Belanja di Warung-warung

Anggota Unit Reskrim Polsek Tugumulyo Polres Musirawas menangkap dua orang tersangka pengedar uang palsu.

Pengedar Uang Palsu Ditangkap Saat Kondangan, Keliling Belanja di Warung-warung
AHMAD FAROZI
TSK pengedar uang palsu. 

TRIBUNSUMSEL.COM, MUSIRAWAS - Anggota Unit Reskrim Polsek Tugumulyo Polres Musirawas menangkap dua orang tersangka pengedar uang palsu.

Mereka adalah Tusiman (50) warga Desa E Wonokerto Kecamatan Tugumulyo dan rekannya Kuswanto (30) warga Sadar Karya Kecamatan Purwodadi Kabupaten Musirawas.

Penangkapan berawal dari informasi yang diperoleh anggota Unit Reskrim Polsek Tugumulyo, pada Kamis (27/2/2020) sekitar pukul 10.00.

Bahwa ada uang palsu pecahan Rp50 ribu dan pecahan Rp100 ribu yang beredar di kalangan pedagang di Desa E Wonokerto Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas.

Selanjutnya anggota menindaklanjuti informasi tersebut dengan melakukan penyelidikan dan diketahui bahwa pelaku pengedar uang palsu tersebut adalah tersangka Tusiman.
Modusnya, tersangka berbelanja di warung-warung yang ada di Desa E Wonokerto dengan menggunakan uang palsu.

Anggota kemudian menyelidiki keberadaan tersangka dan diketahui pada Kamis (27/2/2020), tersangka sedang berada di acara hajatan warga di Desa E Wonokerto Kecamatan Tugumulyo yang tidak jauh dari kediamannya.

Setelah keberadaan tersangka diketahui, Kapolsek Tugumulyo Iptu Dadang Rusmandar langsung memerintahkan Kanit Reskrim bersama beberapa anggotanya untuk menangkap tersangka pelaku.

"Pelaku ditangkap tanpa perlawanan lalu dibawa ke rumahnya untuk melakukan penggeledahan. Hasilnyan ditemukan uang palsu pecahan Rp100 ribu sebanyak 27 lembar dan pecahan Rp50 ribu sebanyak 25 lembar dengan jumlah total Rp4,4 juta yang disembunyikan dalam kursi sofa yang ada di ruang tamu rumah pelaku. Selanjutnya pelaku beserta barang bukti dibawa ke Polsek Tugumulyo," kata Kapolres Musirawas AKBP Suhendro melalui Kapolsek Tugumulyo Iptu Dadang Rusmandar, Jumat (28/2/2020).

Dikatakan, setelah dilakukan introgasi, pelaku mengakui telah mengedarkan uang palsu.

Lalu dilakukan pengembangan dan diketahui bahwa ada teman pelaku lainnya yang juga mengedarkan uang palsu tersebut, yaitu Kuswanto.

Anggota kemudian langsung memburu Kuswanto dan berhasil menangkap yang bersangkutan di rumahnya.

Di kediaman Kuswanto, anggota juga melakukan penggeledahan dan menemukan uang palsu pecahan Rp100 ribu dengan total sebesar Rp19,7 juta.

Tersangka Kuswanto beserta barang bukti kemudian digelandang ke Polsek Tugumulyo.

"Total uang palsu yang berhasil disita dari kedua pelaku sebesar Rp24,1 juta. Dan uang palsu pecahan Rp100 ribu sebanyak dua lembar serta pecahan Rp50 ribu sebanyak lima lembar yang sudah beredar di pedagang juga kita sita. Dari pengakuan pelaku, uang palsu tersebut diperolehnya dari pulau Jawa," ujarnya. (ahmad farozi)

Ket foto
Tersangka Tusiman dan rekannya Kuswanto ditangkap anggota Polsek Tugumulyo karena mengedarkan uang palsu.

Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved