Pilkada Musirawas

Dua Pasangan Balon Perseorangan Bakal Ramaikan Pilkada Musirawas, Minimal 24.612 Dukungan

Dua pasangan bakal calon (balon) dari jalur perseorangan (independen) bakal meramaikan bursa pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Musirawas

Dua Pasangan Balon Perseorangan Bakal Ramaikan Pilkada Musirawas, Minimal 24.612 Dukungan
ISTIMEWA
Apandi Divisi Teknis KPU Musirawas. 

TRIBUNSUMSEL.COM, MUSIRAWAS - Dua pasangan bakal calon (balon) dari jalur perseorangan (independen) bakal meramaikan bursa pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Musirawas pada pilkada yang akan dihelat 23 September 2020 ini.

Yaitu, pasangan Wazanazi Wahid - Hairul dan pasangan Akmaludin Mustofa - Triono.

Divisi Teknis Penyelenggaraan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Musirawas, Apandi kepada Sripoku.com menjelaskan, kedua pasangan bakal calon perseorangan ini sudah mendaftarkan mandatnya ke KPU Musirawas. Petugas yang diberikan mandat oleh kedua pasangan calon perseorangan ini sudah mendapatkan user dan pasword serta bimbingan teknis, terkait cara menginput data dukungan ke sistem informasi pencalonan (Silon) untuk calon perseorangan.

"Sampai saat ini ada dua bakal pasangan calon perseorangan yang memberikan surat mandatnya ke KPU Musirawas. Yaitu pasangan Wazanazi Wahid - Hairul dan pasangan Akmaludin Mustofa - Triono," kata Apandi, Rabu (12/2).

Dijelaskan, berdasarkan Peraturan KPU, syarat untuk menjadi peserta pilkada Musirawas dari jalur perseorangan minimal harus mengumpulkan dukungan sebanyak 8,5 persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) pada pemilu sebelumnya. Dimana, pada pemilu sebelumnya jumlah DPT di Kabupaten Musirawas sebanyak 289.554.

"Untuk pilkada Musirawas 2020 ini, pasangan calon jalur perseorangan harus menyerahkan berkas dukungan minimal sebanyak 24.612 dukungan yang tersebar di delapan kecamatan dibuktikan dengan surat pernyataan tertulis. Jumlah tersebut dihitung dari 8,5 persen dari jumlah DPT pemilu sebelumnya yaitu sebanyak 289.554," papar Apandi.

Dikatakan, sesuai tahapan, penyerahan syarat dukungan bagi calon perseorangan dibuka pada 19 Februari sampai dengan 23 Februari 2020. Bila sudah memenuhi syarat minimal dukungan, maka tahapan selanjutnya dilakukan verifikasi faktual. Verifikasi ini dilakukan oleh anggota PPS yang bertugas mengecek dukungan memenuhi syarat (MS) atau tidak memenuhi syarat (TMS). Seperti dukungan ganda, TNI-Polri dan PNS. "Calon yang tidak memenuhi syarat akan dikembalikan berkasnya," pungkasnya. (zie)

Apandi Divisi Teknis KPU Musirawas.

Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved