Sekolah di Palembang Dilarang Pungut Uang Untuk Guru Pensiun

Dinas Pendidikan kota Palembang melarang pihak sekolah untuk meminta atau memungut uang kepada siswa untuk guru yang akan pensiun.

Sekolah di Palembang Dilarang Pungut Uang Untuk Guru Pensiun
Kompas.com/M.Agus Fauzul Hakim
Ilustrasi uang koin 

TRIBUNSUMSEL.COM.PALEMBANG- Dinas Pendidikan kota Palembang melarang pihak sekolah untuk meminta atau memungut uang kepada siswa untuk guru yang akan pensiun.

Hal ini ditegaskan langsung oleh kepala bidang SD Disdik Kota Palembang Bahrin, Kamis (16/1/2020).

Ia mengatakan setiap sekolah di Palembang tidak membebani siswa dengan sumbangan dana wajib untuk membayar jasa pensiun para guru maupun pegawai negeri sipil (PNS).

"Jelas itu gak boleh ya. Bila ada semacam instruksi seperti ini, apalagi sampai bersifat memaksa maka orang tua murid bisa melaporkannya ke Dinas Pendidikan Kota Palembang," ujarnya.

Lanjut Bahrin, karena anggaran untuk itu sudah ditanggung oleh pemerintah dan perintah memberikan sumbangan pensiun itu sangat tidak rasional.

"Pemerintah sangat memperhatikan pembangunan pendidikan di Tanah Air sehingga setiap tahun mengalokasikan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) ke sekolah baik dari tingkat SD, maupun SMP," jelas dia.

Sehingga tak ada alasan bagi sekolah untuk meminta atau memungut uang sumbangan seperti itu.

Lanjut dia, para guru di sekolah juga tidak bisa membenarkan alasan pungutan berdasarkan kesepakatan dengan komite sekolah secara sepihak, tetapi harus dibahas dalam rapat bersama.

"Namun dalam prespektif itu, tidak boleh ada pungutan jasa pensiun bagi siswa. Ini sangat tidak rasional karena dalam peraturan mana pun siswa tidak boleh mensubsidi dana untuk jasa pensiun guru atau pun pegawai," ujarnya.

"Jika ada yang meminta sumbangan uang tunai ke sekolah untuk guru pensiun maka harap segera laporkan karena sudah masuk katagori gratifikasi (hadiah),"tegasnya

Penulis: Sri Hidayatun
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved