Ledakan di Polrestabes Medan

Pasca Bom Medan, AP II Perketat Pengamanan 19 Bandara Termasuk Bandara SMB II Palembang

Pengamanan 19 bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II diperketat menyusul terjadinya bom bunuh diri di Polrestabes Medan, Sumatera Utara

Pasca Bom Medan, AP II Perketat Pengamanan 19 Bandara Termasuk Bandara SMB II Palembang
Istimewa
Petugas gabungan memeriksa random kendaraan yang akan memasuki Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Kamis (14/11/2019) 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Pengamanan 19 bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II diperketat menyusul terjadinya bom bunuh diri di Polrestabes Medan, Sumatera Utara.

Presiden Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, seluruh Executive General Manager di masing-masing bandara sudah diinstruksikan untuk memperketat keamanan.

"Kami upayakan bandara-bandara di bawah pengelolaan Angkasa Pura II aman dari aksi teror dan dapat beroperasi dengan normal melayani penumpang pesawat dan juga penerbangan dari seluruh maskapai," katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (13/11/2019).

Angkasa Pura II bersama-sama dengan seluruh unsur keamanan seperti TNI/Polri meningkatkan kewaspadaan, dengan juga meningkatkan koordinasi dengan unsur intelijen.

Implementasi dari diperketatnya keamanan di 19 bandara adalah dengan melakukan random check terhadap penumpang pesawat atau pengguna jasa bandara beserta barang bawaan.

Hendri Zainuddin : Ustadz Taufik Hasnuri Sosok Ulama Blakblakan dan Gentleman

Random check dilakukan di security check point (SCP), yakni area pemeriksaan dengan metal detector, walking metal detector dan x-ray.

Di bandara sendiri terdapat dua SCP, yaitu SCP 1 di mana pemeriksaan dilakukan sebelum penumpang pesawat memasuki area check-in, dan SCP 2 di mana pemeriksaan dilakukan sebelum penumpang pesawat memasuki boarding lounge.

Selain itu, random check juga dilakukan terhadap kendaraan dan orang yang ingin memasuki area bandara dan gedung terminal.

Adapun keamanan juga diperketat di Access Control Point (ACP) yakni titik di mana kendaraan atau pekerja memasuki sisi udara (airside) dari bandara.

Motif RNM Pelaku BOM Bunuh Diri di Polrestabes Medan Terkuak, Reaksi Menkopolhukam Mahfud MD

Di samping itu Unit K9 saat ini juga sudah dikerahkan untuk memeriksa barang bawaan serta tas atau koper yang berada di baggage handling area.

Di Palembang sendiri peningkatan pengamanan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II juga dilakukan tandem check bahkan sebelum masuk era bandara juga di area bandara.

Sejumlah mobil pengangkut barang, kendaraan pribadi, taksi, juga ojek online diperiksa barang yang dibawa mulai dari bagasi, jok motor, tas hingga koper dan tas yang akan dibawa penumpang.

Pengecekkan ini bahkan menggerahkan anjing pelacak untuk mengendus apakah ada barang mencurigakan.

"Dari hasil sweeping gabungan bersama BKO TNI AU terhadap kendaraan roda empat dan roda dua secara random dalam rangka peningkatan keamanan di jalan akses masuk bandara SMB II aman dan kondusif. Nihil ditemukan barang mencurigakan," ujar GM Angkasa Pura II Cabang Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang Fahrozi, Kamis (14/11/2019).

Penulis: Hartati
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved