Berita Palembang

Sejumlah Kandidat Keluarkan Mosi Tidak Percaya Jelang Musda Dewan Kesenian Palembang

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Musyawarah Daerah (Musda) Dewan Kesenian Palembang (DKP) akan digelar 5 November 2019

Sejumlah Kandidat Keluarkan Mosi Tidak Percaya Jelang Musda Dewan Kesenian Palembang
Tribun Sumsel/ Arief Basuki Rohekan
Juru bicara dari lima calon ketua DKP, yang sudah disahkan yang menggugat dengan surat pernyataan mosi tidak percaya, Minggu (3/11/2019). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Musyawarah Daerah (Musda) Dewan Kesenian Palembang (DKP) akan digelar 5 November 2019.

Jelang Musda, sejumlah kandidat calon ketua menyatakan mosi tidak percaya terhadap steering committee (SC) dan organizing committee (OC).

Alasan mereka karena tidak jelasnya kriteria atau aturan pemilik hak suara yang akan dilakukan nanti.

“Dalam pelaksanaan pemilihan Ketua DKP, ada beberapa memang yang kami kurang setujui,” kata juru bicara dari lima calon ketua DKP yang sudah disahkan, M Fitriansyah, Minggu (3/11/2019) malam.

Alasan pertama, pihaknya kurang mempercayai atas terpilihnya rekan-rekan seniman yang terpilih, dan mendapatkan hak suara untuk memilih Ketua DKP.

Karena tidak jelasnya kriteria atau aturan pemilik hak suara yang dimaksud dengan tokoh, pelaku dan seniman.

Kedua adanya indikasi ketidakadilan dalam agenda kegiatan ini dimana para calon ketua DKP tidak memiliki hak suara memilih.
Ketiga, adanya ketidakadilan para calon ketua DKP, dalam hal wajib melampirkan biodata, dan menandatangani fakta integritas.

Sementara para seniman pemilik hak suara tidak melampirkan biodata, untuk kejelasan statusnya yang disebut tokoh, pelaku atau seniman.

Selain itu, adanya indikasi ketidakadilan kepemilikan hak suara, karena tidak adanya kepemilikan hak suara yang mewakili dari kalangan penggiat seniman kampus, dan pembina teater sekolah atau juga seniman jalanan.

“Demikian surat pernyataan mosi tidak percaya yang kami sampaikan dan kiranya SK para seniman yang memiliki hak suara dan memilih di batalkan dan diulang kembali sesuai dengan kreteria yang jelas demi perubahan yang lebih baik,” tandasnya.

Fitriansyah kembali menegaskan, kalau pihaknya meragukan kreteria, dimana ada 45 pemilik suara dalam musda DKP, yang terdiri dari 42 suara dari kalangan seniman dan tokoh, 3 dari dinas.

“Nah 42 pemilik suara ini yang kami ragukan, karena dari awal satu divisi itu ada satu tokoh dan enam pemilik suara ( pelaku seniman),"

Halaman
12
Penulis: Arief Basuki Rohekan
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved