Bencana Kabut Asap

Tiga Hari Ke Depan Hujan Diperkirakan Belum Ada Hujan di Kota Palembang

Kondisi kabut asap yang berasal dari karhutla di sejumlah wilayah di Sumsel, BMKG SMB II Palembang memprediksi masih ada menurunnya

Tiga Hari Ke Depan Hujan Diperkirakan Belum Ada Hujan di Kota Palembang
TRIBUNSUMSEL.COM/IRKANDI GANDI PRATAMA
Kabut Asap Tebal Selimuti Palembang Jarak Pandang Capai 200 Meter, Beberapa Penerbangan Delay 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Kondisi kabut asap yang berasal dari karhutla di sejumlah wilayah di Sumsel, BMKG SMB II Palembang memprediksi masih ada menurunnya potensi hujan untuk tiga hari ke depan.

Menurut Bambang Beny, secara regional melemahnya Badai Tropis Hagibis di Laut Cina Selatan dan masih adanya pusat tekanan rendah di wilayah tersebut mengakibatkan, adanya aliran massa udara ke arah pusat tekanan rendah dari wilayah Indonesia.

"Hal ini mengakibatkan tetap menurunnya potensi dan intensitas hujan di wilayah Sumsel tiga hari ke depan atau dari tanggal 14 sampai 16 Oktober 2019 mendatang," jelasnya Kasi Observasi dan Informasi BMKG SMB II Palembang Bambang Beny, Senin (14/10/2019).

Kondisi angin timuran yang menuju pusat tekanan rendah di Samudera Hindia, akan membawa uap air dari Laut Cina Selatan dan Laut Jawa. Ini menyebabkan potensi hujan di wilayah Sumsel bagian Barat-Utara yakni Musi Rawas, Lubuk Linggau, Muba, Lahat, dan Muara Enim tanggal 17 sampai 18 Oktober 2019.

Sedangkan secara Lokal, kondisi hujan akibat faktor lokal awan konvektif, akan tetap berpotensi di wilayah bagian barat Sumsel dikarenakan kelembapan udara lapisan atas cukup memadai untuk pertumbuhan awan. Basanya, hujan yang terjadi berlangsung sebentar dan berpotensi petir disertai angin kencang.

"BMKG Sumsel menghimbau kepada masyarakat untuk selalu menggunakan masker dan berhati-hati saat bertransportasi pada pagi hari, mengkonsumsi banyak air saat beraktifitas di luar rumah untuk menjaga kesehatan dikarenakan udara akan terasa lebih terik pada siang hari karena posisi matahari berada di ekuator (khatulistiwa)," pungkasnya.

Penulis: M. Ardiansyah
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved