Demonstrasi Mahasiswa

Demo Mahasiswa di Palembang, Desak Polisi Usut Kematian Dua Mahasiswa di Kendari

Di Palembang, ratusan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) mendatangi Mapolda Sumatera Selatan

Demo Mahasiswa di Palembang, Desak Polisi Usut Kematian Dua Mahasiswa di Kendari
SHINTA ANGRAINI/TRIBUNSUMSEL.COM
Aksi damai yang digelar mahasiswa Muhammadiyah di depan Mapolda Sumsel, Senin (30/9/2019). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Buntut tewasnya Randi dan Yusuf Kardawi, dua mahasiswa Universitas Halus Oleo Kendari, Sulawesi Tenggara, dalam aksi menolak RUU KUHP dan RUU KPK baru beberapa hari lalu, mengundang simpati mahasiswa di daerah lain di Indonesia.

Di Palembang, ratusan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) mendatangi Mapolda Sumatera Selatan guna menuntut Polri mengusut kematian rekan mereka sesama mahasiswa itu.

"Kita tidak datang dengan amarah, namun kita ingin keadilan terhadap rekan kita (dua mahasiswa tewas) ditegakkan," kata seorang orator aksi dari atas bak mobil terbuka yang memimpin massa, Senin (30/9/2019).

Sebelum tiba di Mapolda Sumsel, massa terlebih dahulu berkumpul di kilometer 4 Jalan Jenderal Sudirman atau di depan Taman Makam Pahlawan.

Sebagian besar massa berjalan kaki sejauh 5 kilometer dari kampus mereka di Jalan Ahmad Yani, Plaju, hingga Mapolda Sumsel.

Meski ada pergerakan massa, namun arus lalu lintas di seputaran fly over Simpang Polda yang dekat dengan Mapolda Sumsel, terpantau lancar.

Aksi Demo Mahasiswa Juga Terjadi di Lubuklinggau, Bertepatan Pelantikan Anggota DPRD

Breaking News: Ratusan Mahasiswa UMP Geruduk Mapolda Sumsel, Aksi Solidaritas Rekan yang Tewas

Sementara itu di Kota Lubuklinggau, 

Gelombang demo mahasiswa berlanjut. Kali ini pelantikan 30 anggota DPRD Kota Lubuklinggau masa keanggotan periode 2019-2024 di Kota Lubuklinggau di warnai aksi demo.

Ratusan mahasiswa menyampaikan aspirasinya di Gedung DPRD Kota Lubuklinggau, Kelurahan Petanang, Kecamatan Lubuklinggau Utara I menuntut DPRD peduli terhadap nasib rakyat saat ini.

Massa aksi yang tak sabar karena anggota DPRD Kota Lubuklinggau tak kunjung menemui, sempat merangsek masuk. Tapi, mereka mampu diredam Polwan Polres Lubuklinggau.

Halaman
12
Penulis: Agung Dwipayana
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved