1 Tahun Pertama, Pemkab Muaraenim Realisasikan 26 Program Kerja Strategis

Setahun sudah pasangan Ir Ahmad Yani dan Juarsah SH menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Muaraenim, setelah dilantik pada tanggal 18 September

1 Tahun Pertama, Pemkab Muaraenim Realisasikan 26 Program Kerja Strategis
HO PEMKAB MUARAENIM
Ir Ahmad Yani dan Juarsah SH

TRIBUNSUMSEL.COM, MUARAENIM - Setahun sudah pasangan Ir Ahmad Yani dan Juarsah SH menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Muaraenim, setelah dilantik pada tanggal 18 September 2018 yang lalu, cukup banyak gebrakan keduanya dalam merealisasikan janji kampanyenya.

Adapun sejumlah program kerja strategis yang telah berhasil direalisasikan dalam satu tahun pertama ini di antaranya adalah

1. BANTUAN PERLENGKAPAN SEKOLAH GRATIS

Program ini merupakan bentuk keberpihakan Pemerintah Kabupaten
Muaraenim dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Muaraenim, dengan pemberian bantuan perlengkapan sekolah gratis kepada murid SD/MI dan SMP/MTs, diharapkan dapat meningkatkan motivasi siswa dalam proses belajar mengajar di sekolah dan meringankan biaya pendidikan yang ditanggung oleh wali murid, selain itu penyediaan perlengkapan sekolah gratis, diharapkan dapat mendongkrat ekonomi rakyat melalui pemberdayaan masyarakat, khususnya yang bergerak di bidang jahit menjahit di Kabupaten Muaraenim.
Pada tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Muaraenim telah memberikan
bantuan perlengkapan sekolah berupa baju dan sepatu sekolah kepada 553 sekolah tingkat SD/MI dan SMP/MTs, yang terdiri dari Sekolah Dasar (SD) / Madrasah Ibtidaiyah (MI), SD Negeri berjumlah 362 sekolah, SD Swasta berjumlah 14 sekolah, MI Negeri berjumlah 10 sekolah, MI Swasta berjumlah 31 sekolah. Kemudian Sekolah Menengah Pertama (SMP) / Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang terdiri SMP Negeri berjumlah 77 sekolah, SMP Swasta berjumlah 27 sekolah, MTs Negeri berjumlah 3 sekolah dan MTs Swasta berjumlah 29 sekolah.

2. PENYEDIAAN MOBIL AMBULAN 1 DESA 1 AMBULAN

Dalam upaya meningkatkan aksesibilitas masyarakat terhadap layanan kesehatan dan untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Muaraenim yang sehat, Pemerintah Kabupaten Muara Enim mengimplementasikan kebijakan pengadaan 1 desa 1 ambulan. Dengan penyediaan ambulan di setiap desa, diharapkan dapat meningkatkan akses masyarakat kepada pusat layanan kesehatan dan pada akhirnya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
Pada tahun anggaran 2019, Kabupaten Muara Enim telah menyediaan ambulan melalui anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) sebanyak 69 unit
ambulan atau 28 persen dari jumlah desa yang ada di Kabupaten Muaraenim,diharapkan dalam 5 tahun ke depan, seluruh desa telah
memiliki ambulan desa.

3. PENYEDIAAN ASURANSI KEMATIAN BAGI MASYARAKAT

Kabupaten Muara Enim telah menyediakan asuransi kematian bagi
penduduk Kabupaten Muara Enim. Penyediaan asuransi kematian
dilaksanakan oleh Dinas Sosial yang bekerjasama dengan perusahaan
asuransi PT. Jasaraharja Putra. Pada tahun anggaran 2019, jumlah
peserta asuransi kematian Kabupaten Muara Enim sebanyak 550.773 jiwa dengan anggaran sebesar Rp6.058.503.000,-.
Kebijakan pemberian asuransi kematian kepada masyarakat merupakan
bentuk kepedulian dan kehadiran pemerintah terhadap musibah yang
ditimpa oleh masyarakat Kabupaten Muara Enim.

4. PELAYANAN BEROBAT GRATIS BAGI MASYARAKAT

Pemerintah Kabupaten Muara Enim berkomitmen untuk meningkatkan
kualitas kesehatan masyarakat, diantaranya melalui program berobat gratis. Dalam pelaksanaannya, Pemerintah Kabupaten Muaraenim bekerjasama dengan BPJS Kabupaten Muaraenim, dalam hal kepesertaan masyarakat Kabupaten Muaraenim yang belum terakomodir untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan. Sebagai bentuk penghargaan atas pelaksanaan program berobat gratis bagi masyarakat, Kabupaten Muara Enim menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari BPJS Kesehatan Pusat.
Penghargaan tersebut diterima sebagai bentuk apresiasi kepada Kabupaten Muara Enim yang telah melaksanakan program perlindungan sosial di bidang kesehatan.
Pada tahun 2019, melalui APBD Kabuapten Muaraenim telah dianggarkan Rp41.249.304.000,- untuk membiayai premi asuransi kesehatan sebanyak 149.454 jiwa, melalui dana APBD Provinsi Sumatera Selatan sebesar Rp10.170.876.000,- untuk membiayai 36.851 jiwa, dan melalui dana CSR PT. Bukit Asam Tbk sebesar Rp2.399.820.000,- untuk membiayai 8.695 jiwa.

Halaman
1234
Tags
Muaraenim
Penulis: Ika Anggraeni
Editor: Ray Happyeni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved