Karhutla 2019

Australia Bantu Kabupaten OKI Kelola Lahan Gambut untuk Keuntungan Masyarakat

Pemerintah Australia melalui Australian Centre for International Agricultural Research (ACIAR) berkomitmen membantu pemerintah Kabupaten OKI

Australia Bantu Kabupaten OKI Kelola Lahan Gambut untuk Keuntungan Masyarakat
Humas Pemkab OKI
Rapat steering comite Proyek ACIAR di Jakarta, Selasa, (10/9/2019) 

TRIBUNSUMSEL, KAYUAGUNG-Pemerintah Australia melalui Australian Centre for International Agricultural Research (ACIAR) berkomitmen membantu pemerintah Kabupaten OKI mengelola lahan gambut berkelanjutan melalui proyek kolaborasi ‘Gambut Kita’. 

Proyek ‘Gambut Kita’ dimaksudkan untuk mendukung restorasi lahan gambut serta memaksimalkan gambut jadi lahan kehidupan masyarakat secara ekonomi.

Menurut Kepala Badan Litbang dan Inovasi, KLHK, Agus Yustianto pada rapat steering comite Proyek ACIAR di Jakarta, Selasa, (10/9/2019), ini merupakan suatu cara untuk mencegah kebakaran hutan, kebun dan lahan.

"Langkah konkritnya adalah mencegah kebakaran melalui pengelolaan penyebab dan pemicu, lalu terpenting yaitu opsi mata pencaharian yang inklusif dan berkelanjutan bagi masyarakat sekitar, meningkatkan aspek kelembagaan, serta menyediakan rekomendasi kebijakan terkait Karhutbunlah dan restorasi gambut” ucapnya.

Indonesia dengan lahan gambut sekitar 15 juta hektar, memiliki permasalahan cukup kompleks karena tidak hanya melibatkan masalah teknis, tetapi juga masalah sosial-ekonomi, lingkungan, dan bahkan politik.

Untuk itu, Pemerintah telah melakukan banyak hal untuk mempertahankan gambut yang masih tersisa, menyediakan infrastruktur untuk mencegah dan memadamkan kebakaran, serta memulihkan lahan gambut yang terdegradasi.

Riset yang dilakukan para ahli menurut dia diperlukan untuk mendukung para pembuat kebijakan dan praktisi.

"Saya yakin proyek ini dapat mendukung dan mempercepat keberhasilan upaya pemerintah Indonesia dalam memadamkan api dan memulihkan lahan gambut, yang juga merupakan tanggung jawab kita semua disini," ujarnya.

Bupati OKI, Iskandar, yang hadir langsung pada acara tersebut menyambut baik upaya manajemen gambut berkelanjutan yang akan dilakukan di Ogan Komering Ilir.

Sebagai daerah dengan potensi lahan gambut mencapai 540.750 hektar potensi Kebakaran hutan dan lahan sangat tinggi.

Halaman
12
Penulis: Winando Davinchi
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved