Kades Sekdes dan P3K Dapat Gaji Tetap Mulai Tahun 2020, Ini Rinciannya

Pemerintah merealisasikan rencana pembuatan penghasilan tetap (Siltap) agar penghasilan kepala dan perangkat desa setara dengan Pegawai Negeri Sipil

Kades Sekdes dan P3K Dapat Gaji Tetap Mulai Tahun 2020, Ini Rinciannya
Sripo/ Rahmaliyah
Perwakilan Kementerian Keuangan Sumsel menggelar Press conference RAPBN Tahun 2020, Senin (19/8/2019) 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Pemerintah merealisasikan rencana pembuatan penghasilan tetap (Siltap) agar penghasilan kepala dan perangkat desa setara dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS) golongan II.

Rencana itu akan dilaksanakan tahun 2020.

Hal ini juga berlaku untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Kepala Perwakilan Kemenkeu Sumsel, Taukhid mengatakan, sumber pendanaan Siltap tersebut berasal dari APBN melalui penambahan Dana Alokasi Umum (DAU), imbasnya akan ada penambahan volume Alokasi Dana Desa.

"Kades dan Sekdes dan seksi-seksi yang masih honorer akan diberikan Siltap. Ini sudah dibahas untuk di RAPBN 2020," ujarnya, saat press conference Rancangan APBN Tahun 2020, Senin (19/8/2019).

Lanjutnya, Kebijakan ini baru berlaku tahun 2020 karena anggaran pembiayaan Siltap tidak hanya di APBN saja, namun juga APBD setiap provinsi dan kabupaten.

"Besaran gajinya saya belum bisa ngomong tapi kemungkinan setara golongan II standarnya," ujarnya.

Taukhid menambahkan, sesuai instruksi Presiden RI, untuk RAPBN 2020 difokuskan untuk akselerasi daya saing melalui inovasi dan penguatan kualitas Sumber Daya Manusia.

"Dengan adanya Siltap ini diharapkan pegawai bisa lebih produktif dan memperhatikan masyarakat-masyarakat di Desa khususnya," jelasnya.

Menurutnya, Siltap memiliki standar besaran gaji yang lebih pasti baik dari tingkat kenaikan gajinya sesuai golongan.

Halaman
123
Editor: Wawan Perdana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved