Cerita Khas Palembang

Melihat Pangkalan Militer Zaman Jepang di Lebung Gajah Palembang, Landasan Meriam di Halaman Sekolah

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Kecamatan Sematang Borang merupakan wilayah penting saat masa penjajahan Jepang di Indonesia

Melihat Pangkalan Militer Zaman Jepang di Lebung Gajah Palembang, Landasan Meriam di Halaman Sekolah
Sripo/ Yandi
Bukti peninggalan Jepang di Lebung Gajah, Kecamatan Sematang Borang Palembang. Komunitas Pese dan Lurah Kening Gajah Sematang Borang menemukan delapan titik landasan meriam dan satu bunker Jepang. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Kecamatan Sematang Borang merupakan wilayah penting saat masa penjajahan Jepang di Indonesia.

Wilayah ini termasuk pangkalan militer Jepang untuk mendukung sejumlah operasi di Indonesia.

Komunitas Pese dan Lurah Lebung Gajah Kecamatan Sematang Borang menemukan delapan titik landasan meriam dan satu bunker Jepang di Semarang Borang Palembang.

Lurah Lebung Gajah, Chodijah Anggeraini memimpin secara langsung penelitian peninggalan Penjajahan Jepang di wilayah Kelurahannya tersebut.

Kegiatan Penelitian ini kemudian ditindak lanjuti bekerjasama dengan Komunitas Pecinta Sejarah UIN Raden Fatah Palembang.

Sejarah Sekojo Palembang, Pernah Jadi Landasan Pacu dan Nama Berasal dari Bunga Jepang

“Harapannya penelitian ini akan menjadi titik awal pengembangan potensi yang ada di kelurahan Lebung Gajah, Kecamatan Sematang Borang. antara lain pengembangan peninggalan penjajahan Jepang ini menjadi Kelurahan berbasis wisata,” harap Bu Icah sapaan akrabnya di dampingi oleh Daryanto Staf Kelurahan Lebung Gajah.

Masih menurut lurah Lebung Gajah, bahwa selanjutnya hasil penelitian akan disosialisakan kepada masyarakat (publik) dan dilakukan registrasi benda cagar budaya serta analisis pengembangannya.

Sementara itu, anggota tim peneliti yang terlibat, Kemas AR Panji, (Dari Komunitas Pecinta Sejarah) membenarkan bahwa kemarin, senin (29/7/19) telah dilakukan observasi atau penelitian lapangan.

Asal Muasal dan Arti Kata Lemabang Palembang, Ternyata Tempat Sunan Lemabang Dimakamkan

Pada awalnya didapatkan ada 6 titik Landasan Meriam Jepang Lebung Gajah (LMJLG) dan 1 Bunker Jepang Lebung Gajah (BJLG).

“Betul tadi saya dan Tim, di bantu oleh Tim kelurahan telah melakukan penelitian lapangan, sebagai penelitian awal. Hasil sementara kami menemukan 8 titik LMJLG dan 1 BJLG,"

Halaman
12
Editor: Wawan Perdana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved