Berita Prabumulih

Banyak ASN Hanya Isi Presensi dan Masuk Siang, Pemkot Prabumulih Tambah Finggerprint

Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) tahun ini akan memasang finggerprint

Banyak ASN Hanya Isi Presensi dan Masuk Siang, Pemkot Prabumulih Tambah Finggerprint
Tribun Sumsel/ Edison
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pemkot Prabumulih Beny Rizal 

TRIBUNSUMSEL.COM, PRABUMULIH-Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) tahun ini akan memasang finggerprint di setiap lantai gedung Pemkot.

Penambahan ini untuk mengantisipasi banyaknya Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak bekerja dan hanya datang ke kantor isi presensi saja.

"Kita akan memasang finggerprint di setiap lantai gedung pemerintah kota Prabumulih nantinya, ini untuk mengatasi banyak pegawai datang siang dan ngantor hanya isi presensi saja," ungkap Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Beni Rizal.

Beni menuturkan, rencana akan dipasang di setiap instansi baik di gedung satu atap Pemkot Prabumulih maupun instansi terpisah, kecamatan hingga kelurahan, namun mengingat anggaran maka akan dilakukan secara bertahap.

ASN di Prabumulih Ada yang Cuma Pakai Baju Tidur, Datang ke Kantor Pemkot Prabumulih Cuma Absen

"Kalau rencana kita semua dipasang, nanti itu akan terkoneksi ke kita sehingga bisa diketahui absensi tiap instansi namun karena anggaran terbatas bertahap," tuturnya.

Saat ini sendiri menurut Beni untuk anggaran pemasangan fingger print telah dianggarkan, selanjutnya setelah disahkan akan segera dilakukan pemasangan.

Terlebih beberapa waktu lalu Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkot Prabumulih, Elman pernah mengatakan banyak pegawai ngantor hanya absen bahkan masih mengenakan pakaian tidur.

"Tentu kita tidak mau lagi itu terjadi, jika telah dipasang ditiap instansi maka kepala OPD dan pegawai di instansi itu bisa mengetahui siapa datang siang maupun hanya absen. Kita harapkan kerja sama kepala OPD untuk menertibkan bawahannya," bebernya.

Sekda Lihat ASN Isi Presensi Masih Pakai Baju Tidur, BKPSDM Prabumulih Akan Buka CCTV

Hal yang sama disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkot Prabumulih, Elman.

Menurut Elman, ke depan wacana pemasangan fingger print di tiap instansi akan diterapkan dan menjadi langkah agar para pegawai meningkatkan kedisiplinan.

"Kita harap juga nantinya tidak cuma di instansi gedung pemkot namun ke Kelurahan dan kecamatan juga dipasang fingger print yang langsung konek ke BKPSDM jadi bisa diketahui hadir dan tidak," bebernya.

Mengapa kantor kelurahan dan kecamatan diperlukan menurut Elman, disebabkan dua kantor itu langsung berhubungan dengan pelayanan terhadap masyarakat sehingga pegawai harus selalu standby sesuai jadwal ditentukan.

"Kita tidak mau ada laporan di kelurahan ini serta kecamatan itu, pegawai masuk kerja siang dan dikeluhkan masyarakat untuk mendapat pelayanan."

"Dengan absen di kantor langsung harapan kita akan disiplin, kita tidak menghalangi pegawai mau mengurus keluarga dahulu sebelum bekerja namun harus disiplin," tambahnya.

Penulis: Edison
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved