Perbanyak Rekam Kartu Identitas Anak, Disdukcapil Gagas Pemberian Diskon Belanja Bagi Pemilik KIA

-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Provinsi Sumatera Selatan terus memacu perekaman untuk Kartu Identitas Anak (KIA)

Perbanyak Rekam Kartu Identitas Anak, Disdukcapil Gagas Pemberian Diskon Belanja Bagi Pemilik KIA
Sripo/ Rahmaliyah
Kepala Dukcapil Provinsi Sumatera Selatan, Herfiansyah Djarab 

TRIBUNSUMSEL.COM. PALEMBANG-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Provinsi Sumatera Selatan terus memacu perekaman untuk Kartu Identitas Anak (KIA) yang mana tahun ini mulai berlaku secara nasional.

Menurutnya, kepemilikan KIA sama pentingnya seperti kepemilikan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

KIA menjadi indentitas pengenal bagi anak yang usianya masih dibawah 17 tahun.

Bahkan, Nomor Induk kependudukan (NIK) KIA berlaku seumur hidup.

Hanya saja saat usia anak menginjak 17 tahun maka akan diubah menjadi KTP.

Kasubdid Fasilitasi Pencatatan Kelahiran dan Kematian Ditjen Dukcapil RI, Sakaria menjelaskan, salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui kerjasama dengan pihak rumah sakit.

Breaking News: Satu Pemilik Toko Pempek Palembang Terancam Penjara, Tolak Dipasang E-Tax

"Kita terus imbau agar Dukcapil Kota/Kabupaten jalin kerjasama dengan rumah sakit, biar saat anak itu pulang pasca ibunya melahirkan di rumah sakit bisa bawa akta kelahiran sekaligus KIA. Untuk teknis dalam pelaksanannya masih dimatangkan," jelasnya, Rabu

"Sebaiknya dengan kepemilikan KIA ini juga harus dibarengi manfaat lainnya yang bisa semakin memacu masyarakat untuk membuatkan KIA bagi anak mereka, misalnya pihak toko buku menberikan diskon jika memiliki KIA, begitupun untuk di wahana rekreasi atau naik kendaraan umum," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dukcapil Provinsi Sumatera Selatan, Herfiansyah Djarab menambahkan, semua proses perekaman dan pencetakan KIA dilakukan oleh Disdukcapil Kota/Kabupaten.

"Persentase capaian KIA di Sumsel berkisar 89,70 persen, diatas target nasional. Kami hanya mengawasi agar proses penerbitan sesuai dengan target arahan pusat," tutupnya. (SP/Rahmaliyah)

Editor: Wawan Perdana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved