Berita Lahat

Polres Lahat Ajak Warga Aktifkan Kegiatan Ronda dan Poskamling

TRIBUNSUMSEL.COM, LAHAT-Lingkungan yang sepi dan warga yang cuek kerap dimanfaatkan kawanan pencuri menjalankan aksi

Polres Lahat Ajak Warga Aktifkan Kegiatan Ronda dan Poskamling
Sripo/ Ehdi Amin
Warga Perumahan GAPL Lahat saat melaksanakan kegiatan ronda malam secara swadaya. 

TRIBUNSUMSEL.COM, LAHAT-Lingkungan yang sepi dan warga yang cuek kerap dimanfaatkan kawanan pencuri menjalankan aksi.

Untuk mencegah hal itu terjadi maka kegiatan poskamling sangat penting.

Hal tersebutlah yang kini digalakkan Polres Lahat dengan mengajak warga kembali aktif melaksanakan ronda.

Kapolres Lahat, AKBP Ferry Harahap, SIK melalui Kasat Binmas AKP Zulfikar, mengatakan pentingnya poskamling dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan sekitar.

Polres Lahat sendiri memiliki poskamling dan binaan dari Bhabinkamribmas dalam upaya menggiatkan kembali KKYD dengan melibatkan masyarakat.

Warga Palembang Lapor Polisi karena Pagar Dirobohkan Tetangga, Perkara Menghalangi Sinar Matahari

"Ya kita imbau kepada warga untuk aktif menjaga lingkungan salah satunya melalui poskamling. Meski lingkungan aman jika tidak dijaga bisa jadi dimanfaatkan pencuri jika melihat warganya lengah, "ajaknya.

Sementara, dalam upaya mendukung Polri, sehingga terciptanya situasi Kamtibnas yang kondusif, warga Perumahan Griya Agung Permai Lestari (GAPL), Kabupaten Lahat, aktifkan Pos Kamling dengan berlandaskan swadaya masyarakat setempat.

Ketua Lingkungan,Perumahan GAPL, Jasmawi mengatakan, keberadaan pos kamling merupakan salah satu tempat untuk selain merupakan sarana untuk menciptakan situasi keamanan lingkungan melalui kegiatan ronda.

Poskamling juga menjadi ajang berkumpul bersama warga, menjadi wadah saling berbagi informasi dan komunikasi.

"Jadi selain untuk menjaga situasi kemanan komplek, juga menjadi wadah silaturahmi bersama keluarga besar perumahan disini," ujarnya. Rabu (3/7/2019).

Warga Tak Menyangka Lihat Wajah Prada DP Pelaku Pembunuh Vera Oktaria Saat Reka Adegan

Kemudian, dalam melaksanakan kewajiban yang diberikan kepada sebanyak 57 kepala keluarga di perumahan GAPL, penjagaan pos kamling di bagi sebanyak 13 regu atau kelompok, yang beranggotakan 5 sampai 6 orang per kelompok.

"Kita jaga ( Pos Kamling ) secara swadaya bergantian dengan seluruh warga, Permalam satu regu jaga sepanjang malam yang telah diberikan kewajiban secara terjadwal," Kata Ketua Keamanan, Perumnas GAPL, Brigadi Nizar Aswen seraya mengatakan, jika ada warga lain yang ingin bergabung meskipun bukan jadwal juga diperbolehkan.

Lanjut, Aswen, dengan aktifnya Pos Kamling diperumahan persis dkawasan Jalan Lingkar Lintas Sumatera, Desa Manggul, Kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat ini, diharapkan masyarakat mempunyai kesadaran dalam melaksanakan tugas kewajibannya, yang turut ikut menjaga lingkungan melalui kegiatan ronda malam. (SP/ Ehdi Amin)

Editor: Wawan Perdana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved