Inilah Manfaat Donor Darah Bagi Pendonor, Ternyata Sangat Berguna Bagi Kesehatan

Sehubungan dalam rangka HUT Bhayangkara ke-73, Jajaran Polresta Palembang menggelar kegiatan donor darah bersama PMI kota Palembang.

Inilah Manfaat Donor Darah Bagi Pendonor, Ternyata Sangat Berguna Bagi Kesehatan
Donor darah Polresta Palembang
Donor darah Polresta Palembang. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Sehubungan dalam rangka HUT Bhayangkara ke-73, Jajaran Polresta Palembang menggelar kegiatan donor darah bersama PMI kota Palembang.

PMI kota Palembang sangat menginginkan kegiatan seperti ini selalu diadakan, bahkan makin banyak lagi kerjasama dengan berbagai instansi pemerintahan maupun swasta.

Hal ini dikarenakan stok darah yang ada di PMI sendiri masih belum mampu menyediakan sesuai kebutuhan pasien yang membutuhkan.

Yayuk, Humas PMI kota Palembang mengatakan pentingnya kesadaran masyarakat bahwa donor darah adalah salah satu cara menjaga kesehatan.

"Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui manfaat yang kita dapat ketika mendonorkan darah yaitu membuang darah kotor kita kemudian digantikan dengan darah baru yang tentunya lebih sehat,"

"Jika rutin mendonorkan darah otomatis tensi darah akan normal, badan terasa ringan dan terhindar dari penyakit," ucapnya saat di wawancarai Tribunsumsel.com, Sabtu (29/6/2019).

Maanfaat lainnya kita bisa mengetahui kondisi keadaan tubuh kita yang sehat tanpa riwayat penyakit berbahaya menyerang tubuh kita.

"Sebelum donor kan ada pengecekan apakah dia dalam keadaan sehat, dan juga tidak terjangkit penyakit berbahaya HIV AIDS, Sipilis, Hepatitis A, Hepatitis B, itulah keuntungannya sekalian mengecek kesehatan" ujarnya.

Jadi untuk yang sudah pernah mendonorkan darahnya, seharusnya dilakukan secara rutin 2 setengah bulan sekali, karena selain sehat dapat membantu sesama.

"Ketersediaan darah kita belum bisa memenuhi banyaknya permintaan darah saat ini, jadi bagi masyarakat jika mengetahui adanya acara pendonoran darah seperti ini hendaklah berpartisipasi untuk membantu sesama," tutupnya.

Pendonoran darah di Polresta Palembang, Sabtu (29/6/2019).

Penulis: Winando Davinchi
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved