Berita Kodam Kodim

Lihat Tes Usul Kenaikan Pangkat Anggota TNI, Mulai dari Lari Sampai Renang Gaya Dada

Sejumlah 130 personel Bintara dan Tamtama Korem 044/Garuda Dempo dan jajaran melaksanakan tes Kesegaran Jasmani (Garjas)

Lihat Tes Usul Kenaikan Pangkat Anggota TNI, Mulai dari Lari Sampai Renang Gaya Dada
Tribun Sumsel/ M Ardiansyah
Personel Bintara dan Tamtama Korem 044/Garuda Dempo dan jajaran melaksanakan tes Kesegaran Jasmani (Garjas) untuk Usul Kenaikan Pangkat (UKP), Senin (24/6/2019) 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Sejumlah 130 personel Bintara dan Tamtama Korem 044/Garuda Dempo dan jajaran melaksanakan tes Kesegaran Jasmani (Garjas) untuk Usul Kenaikan Pangkat (UKP) periode 1 Oktober 2019.

Kegiatan ini dilaksanakan secara terpusat selama tiga hari di lapangan dan Kolam Renang Yonif Raider 200/BN Gandus Palembang, Senin (24/6/2019).

Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Arh Sonny Septiono melalui Kepala Seksi Personel Letkol Inf Prabowo mengatakan, tes kesegaran jasmani ini sebagai syarat untuk berhasilnya seorang prajurit dalam meniti kariernya sebagai prajurit TNI.

Dorong Pertumbuhan Ekonomi, PLN S2JB Berhasil Tingkatkan Penjualan Sebesar 5,17 % di Triwulan I 2019

“Kegiatan ini sebagai syarat yang harus dipenuhi setiap prajurit dalam rangka Usulan Kenaikan satu tingkat lebih tinggi," kata Kasipers.

Sehingga, setiap prajurit jajaran Korem 044/Gapo harus dapat secara maksimal mencapai nilai yang memenuhi kriteria menurut kategori usia prajurit yang bersangkutan.

“Bila tidak memenuhi kriteria yang ditentukan, otomatis prajurit tersebut tidak dapat diusulkan kenaikan pangkatnya“, jelasnya.

Sementara itu, Kepala Jasmani Korem 044/Gapo Kapten Inf Hasidin mengatakan, pelaksanaan kesegaran jasmani usulan kenaikan pangkat kali ini diikuti 130 personel Bintara dan Tamtama.

Peserta berasal dari Makorem 044/Gapo, Kodim 0401/Muba, Kodim 0402/OKI, Kodim 0418/Palembang, Kodim 0430/Banyuasin dan Yonif 141/AYJP serta personel BP.

Angka Stunting Masih Tinggi, Unsri Siap Turun ke Desa-desa

Pelaksanaan Tes Garjas UKP kali ini meliputi Tes Kesegaran "A" yaitu melaksanakan lari dengan waktu 12 menit.

Kemudia Tes Kesegaran "B" meliputi gerakan Pull Up, Sit Up, Push Up dan Longhesdurasi waktu 1 menit serta Shuttle Run.

Selain itu juga dilaksanakan Tes ketangkasan berupa renang gaya dada jarak 50 meter.

"Jika tidak memenuhi standar nilai yaitu 51, maka personel tidak bisa diajukan dan harus menunggu satu periode kedepan untuk diajukan lagi UKP-nya", terang Kapten Hasidin.

Penulis: M. Ardiansyah
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved