Karhutla

Sumsel Terima Bantuan Alat Menangani Kebakaran Hutan dan Lahan dari Tiongkok

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan menerima bantuan alat menangani Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dari Tiongkok

Sumsel Terima Bantuan Alat Menangani Kebakaran Hutan dan Lahan dari Tiongkok
Tribun Sumsel/ Linda Trisnawati
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan menerima bantuan alat menangani Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dari Tiongkok. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan menerima bantuan alat menangani Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dari Tiongkok.

Ada dua alat bantuan yakni berupa bor dan pompa.

Kepala BPBD Sumsel Iriansyah mengatakan, pemberian hibah dari Tiongkok itu merupakan perjanjian dari pemerintah pusat bersama Tiongkok untuk penguatan manajemen menangani Karhutla di Sumsel.

"Sumsel mendapatkan dua jenis bantuan alat untuk menangani Karhutla yang akan diberikan kepada dua desa yakni desa Talang Kelapa (Banyuasin) dan desa Bayung Lencir (Muba)," ujar Iriansyah, Rabu (19/6/2019).

Tiket Nonton Motorcross Grand Prix Palembang Dijual Mulai Rp 100 Ribu

Menurutnya, kriteria diberikan alat penanganan Karhutla tersebut berdasakan indeks resiko yang lebih besar dibandingkan desa lain yang ada di Sumsel.

Untuk kriterianya itu dari BNPB yang memberikan mungkin Indeks resiko di dua desa itu lebih besar dibangdingkan desa yang lain.

"Kepada perusahaan di Sumsel ini kan banyak ya mereka juga bisa membantu kita memberikan alat untuk menangani Karhutla, sehingga desa-desa yang lain juga punya tamabahan alat."

"Sehingga kita bisa mengantisipasi awal dari penanganan Karhutla ini," ungkapnya.

Ricuh, Satu Keluarga Tolak Pemasangan Jaringan Gas di Lubuk Rumbai Diamankan Polres Musirawas

Sementara itu, Direktur Perbaikan Darurat BNPB Medi Herlianto menambahkan, selain Sumsel pemerintah pusat juga memberikan empat alat kepada provinsi Riau dan Jambi.

Alat yang diberikan dari Tiongkok itu berupa bor, pompa, pakaian anti api, bahan kimia dan lainnya.

"Bantuan hibah dari Tiongkok ini bertujuan untuk meningkatkan penanganan kualitas Karhutla di Sumatera. Pemberian bantuan alat ini juga berdasarkan kebutuhan di lapangan," ujarnya.

Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved