Berita Palembang

Usai Lebaran Listrik Kerap Padam di Palembang, Ini Penjelasan PLN

Usai lebaran masyarakat kerap mengeluhkan sering mengalami pemadaman listrik.

Usai Lebaran Listrik Kerap Padam di Palembang, Ini Penjelasan PLN
Tribun Sumsel/ Farlin Addian
Ilustrasi. 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Hartati

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Usai lebaran masyarakat kerap mengeluhkan sering mengalami pemadaman listrik.

Secara bergilir warga Palembang mengeluh pemadaman di sejumlah tempat mulai dari pusat kota hingga wilayah pinggiran.

Seperti yang terjadi hari ini di kawasan Pakjo ujung Jalan Irigasi, Hanafi mengeluh listrik padam sejak pukul 09.00 hingga pukul 15.00 belum juga menyala.

"Iya padam sejak pagi tidak tahu apa penyebabnya kalau bisa segera dihidupkan karena panas tidak bisa mengoperasikan alat elektronik," ujarnya, Senin (17/6/2019).

Listrik padam juga sempat terjadi pembukaan festival Sriwijaya yang berlangsung di Benteng Kuto Besar (BKB) yang dihadiri Gubernur Sumsel Herman Deru.

Manager Humas PLN Wilayah Sumsel Bengkulu dan Jambi (S2JB), Bakri mengatakan pemadaman listrik dikarenakan adanya pemeliharaan jaringan.

"Selama Ramadan dan lebaran kita stop pemeliharaan dan fokus agar listrik terus menyala jadi usai lebaran ini kita kebut pemeliharaannya," ujarnya.

Pemeliharaan berupa pemangkasan pohon yang mengenai kabel karena hal ini sangat berbahaya saat musim hujan bisa menyebabkan hubungan arus pendek jika dahan pohon bersenggolan dengan kabel apalagi jika kabel telanjang.

Pemeliharaan juga berupa pembersihan layang-layang yang tersangkut pada kabel listrik hingga pemeliharaan penggantian isolator yang retak.

Pemeliharaan ini semuanya bertujuan agar saat hujan jaringan listrik tetap prima tidak terjadi kendala hingga hubungan arus pendek.

"Kalau tidak dipelihara dikhawatirkan gangguan yang akan terjadi justru lebih parah dan tidak bisa diprediksi oleh sebab itu rutin kita jadwalkan pemadaman," bebernya.

Dia menambahkan pemeliharaan ini rutin dilakukan bukan hanya di pusat kita saja tapi juga kawasan pinggiran dan daerah sehingga semuanya tetap terawat dengan baik.

Penulis: Hartati
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved