Pemilihan Rektor Unsri

Panitia Tunda Pemaparan Visi Misi Calon Rektor Unsri, Ada Pasal Tata Tertib Dipermasalahkan

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Pemaparan visi dan misi calon rektor yang dijadwalkan pada Senin (17/6/2019), dipastikan ditunda

Panitia Tunda Pemaparan Visi Misi Calon Rektor Unsri, Ada Pasal Tata Tertib Dipermasalahkan
Tribun Sumsel/ Melisa Wulandari
Empat calon Rektor Unsri sudah menerima nomor undian, yakni untuk nomor urut 01 Muhammad Abu Bakar Sidiq, 02 Andi Mulyana, 03 Ishak Iskandar dan nomor urut 04 Anis Saggaf. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Pemaparan visi dan misi calon rektor yang dijadwalkan pada Senin (17/6/2019), dipastikan ditunda.

Panitia Pemilihan Rektor Unsri masih menyesuaikan antara tata tertib dan peraturan Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan (Kemenristekdikti) Republik Indonesia.

Ketua panitia pemilihan rektor Unsri, Alfitri, Jumat (14/6/20190 mengatakan, setelah konsultasi dengan biro hukum Kemenristekdikti ada yang perlu diharmonisasikan dan disesuaikan antara tata tertib pemilihan rektor dan Kemenristekdikti nomor 19 tahun 2018.

"Panitia sengaja menunda hal ini karena ada pasal yang harus dihapus dan dari Kemenristekdikti keberatan dengan pasal ini, kami juga mengundang biro hukum Kemenristekdikti untuk membahas satu pasal yang disesuaikan ini," katanya, Jumat (14/6/2019).

Tata Cara Pemilihan Rektor Unsri, Pakai Cara Manual, 78 Anggota Senat Punya Hak Suara

Kemenristekdikti mempermasalahkan penghapusan pasal tentang pengalaman calon sudah 10 tahun di Unsri dan PTN lain.

"Oleh sebab itu maka senat menyepakati dan panitia harus bersama-sama membahas pasal yang dimaksud, dan satu pasal pengalaman menjabat eselon 2 bagi pelamar di luar Unsri," jelasnya.

"Dan maka dari itu visi misi harus disesuaikan dengan tatib pemilihan rektor dan kami juga menerima pelamar dari luar Unsri sampai batas waktu yang belum ditentukan."

"Karena kami harus menyepakati dulu dengan Permenristekdikti nomor 19 tahun 2018. Serta pemilihan rektor ini sangat diawasi oleh Kemenristekdikti termasuk KPK juga mengawasi," katanya.

Terkait penundaan jadwal pemaparan visi dan misi calon rektor Unsri ini dikatakan oleh Alfitri tidak ada dampak terhadap kandidat.

Prof Andy Mulyana Tantang Anis Saggaf di Pemilihan Rektor Unsri 2019-2023, ini Nama 4 Calon

"Kandidat tetap, dan kami juga akan menunggu jika ada kandidat lain. Jadi ini berkaitan dengan keterbukaan karena semua pimpinan tidak hanya pimpinan perguruan tinggi, semua seleksi jabatan tinggi sudah sangat terbuka," katanya.

"Dan boleh masuk darimana saja kalau dia memenuhi syarat, jadi memang terhadap yang sudah melamar tidak ada pengaruh, tetap mereka memenuhi syarat."

"Dan pemilihan rektor ini bersamaan dengan pemilihan rektor di Universitas Andalas, UNES, Untirta dan permasalahannya sama. Jadwal ini kami reschedule ulang sampai waktu yang belum ditentukan," tutupnya.

Penulis: Melisa Wulandari
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved