Arus Mudik 2019

Waspada Pasar Tumpah Bikin Macet di Lintas Tengah dan Timur Sumatera

Di kedua jalur lintas tersebut, terdapat sejumlah titik kemacetan yang berpotensi menghambat perjalanan mudik.

Waspada Pasar Tumpah Bikin Macet di Lintas Tengah dan Timur Sumatera
TRIBUNSUMSEL.COM/AGUNG DWIPAYANA
Pasar tumpah di jalur lintas tengah tepatnya di Desa Paduraksa, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muaraenim. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Bagi pemudik dari arah Provinsi Lampung menuju Sumatera Selatan (Sumsel) maupun sebaliknya, ada beberapa jalur alternatif.

Jalur lintas timur dari Lampung mulai dari Kabupaten Tulang Bawang masuk Sumsel melewati Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Ogan Ilir (OI), Palembang, Banyuasin dan Musi Banyuasin (Muba).

Jalur lintas tengah dari arah Lampung mulai dari Kabupaten Way Kanan menuju Sumsel melewati Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, OKU, Muaraenim, Empat Lawang, Musirawas hingga Lubuklinggau.

Di kedua jalur lintas tersebut, terdapat sejumlah titik kemacetan yang berpotensi menghambat perjalanan mudik.

Titik kemacetan tersebut umumnya disebabkan oleh jalan rusak dan pasar tumpah.

Pantauan TribunSumsel.com, Senin (27/5/2019), seperti di jalur lintas tengah tepatnya di Desa Paduraksa, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muaraenim.

Di daerah tersebut, ruas jalan jaraknya sangat dekat pekarangan rumah warga di kedua sisi jalan.

Apalagi adanya pasar tradisional persis di kedua sisi jalan, tidak jarang menjadi pasar tumpah karena aktivitas jual beli dilakukan hingga ke badan jalan.

Karena adanya pasar persis di tepi jalan, jika banyak kendaraan yang melintas, mengakibatkan kemacetan di kawasan tersebut.

Pasar tumpah juga menjadi perhatian di jalur lintas timur tepatnya di Sungai Lilin, Kabupaten Muba.

Selain pasar tumpah, jalan bergelombang dan berlubang di Kecamatan Bayung Lincir hingga perbatasan dengan Provinsi Jambi juga menjadi titik kemacetan di lintas timur Sumatera.

"Kalau titik rawan macet ada di Bayung Lincir dan Sungai Lilin, selebihnya tidak ada lagi. Tapi kita akan antisipasi (kemacetan) terutama di pasar Sungai Lilin, tentunya semua koordinasi dengan Satlantas Polres Muba," kata Kasat Lantas Polres Banyuasin, AKP Candra Kirana saat dikonfirmasi TribunSumsel.com, beberapa waktu lalu.

Selain mengantisipasi kemacetan, pemudik juga perlu cermat memilih kendaraan yang digunakan untuk mudik.

Pengalaman tim ekspedisi jalur mudik Tribun Sumsel-Sriwijaya Post, mengendarai Suzuki All New Ertiga sangat nyaman saat menempuh perjalanan mengelilingi jalur mudik di Provinsi Sumsel.

Penulis: Agung Dwipayana
Editor: Kharisma Tri Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved