Arus Mudik

Wisata Tepian Kelingi Bukit Sulap, Destinasi Wisata Eks TPA yang Memesona

Selain terkenal dengan objek wisata Bukit Sulap dan Kampung Warna-warni, kota Lubuklinggau kini memiliki destinasi wisata baru.

Wisata Tepian Kelingi Bukit Sulap, Destinasi Wisata Eks TPA yang Memesona
TRIBUNSUMSEL.COM/AGUNG DWIPAYANA
Wisata Tepian Kelingi Bukit Sulap, Destinasi Wisata Eks TPA yang Memesona 

TRIBUNSUMSEL.COM, LUBUKLINGGAU - Selain terkenal dengan objek wisata Bukit Sulap dan Kampung Warna-warni, kota Lubuklinggau kini memiliki destinasi wisata baru.

Ialah Wisata Tepian Kelingi Bukit Sulap, destinasi wisata taman di Kelurahan Ulak Siring, Kecamatan Linggau Utara.

Berdiri di atas lahan 2 hektar, taman wisata dihiasi berbagai tanaman seperti bunga Celosia, kembang teh, Pinka, Angelonia dan berbagai tanaman buah seperti pepaya, mangga, jambu kristal.

Dibuka sejak satu minggu lalu, Wisata Tepian Kelingi Bukit Sulap mampu menarik perhatian masyarakat Lubuklinggau.

"Tempatnya bagus, banyak spot foto cantik. Saya baru pertama kali ke sini langsung suka tempat ini," kata Rere, seorang pengunjung saat dijumpai di lokasi wisata, Minggu (26/5/2019).

Letaknya yang dekat dengan wisata Kampung Warna-warni, membuat Wisata Taman Kelingi Bukit Sulap menjadi destinasi yang semakin elok.

"Ada taman, ada sungai, latarnya ada kampung warna-warni pokoknya keren banget," ucap Rere.

Pengelola Taman Wisata Kelingi Bukit Sulap, Apri Novendra mengatakan, objek wisata termutakhir di kota Lubuklinggau itu awalnya merupakan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah.

Dengan inisiatif untuk menjaga lingkungan sekaligus memberdayakan tempat agar bernilai ekonomis, maka dibangunlah taman wisata tersebut.

"Awalnya tempat wisata ini tumpukan sampah di tepi sungai Kelingi. Kita bersihkan, kita bangun taman wisata," kata Apri.

Ia mengungkapkan, tepian sungai Kelingi di kawasan tersebut berbentuk tebing yang mengalami abrasi atau terkikis oleh air sungai sehingga berbentuk tebing.

"Dengan kondisi lahan demikian, kami memanfaatkan ribuan ban bekas untuk membentuk alur taman sekaligus jalur pejalan kaki," jelas Apri.

Ribuan ban bekas yang disusun di tebing taman menjadikannya tampak cantik, dipadu dengan berbagai tanaman bunga warna-warni.

Ke depan, rencananya Wisata Tepian Kelingi Bukit Sulap akan dilengkapi dengan fasilitas wisata lainnya, yakni kafe, live music dan wahana permainan anak.

"Kami akan terus mengembangkan objek wisata ini secara bertahap agar semakin dikenal dan menjadi ikon wisata baru di Lubuklinggau," tukasnya.

Penulis: Agung Dwipayana
Editor: Kharisma Tri Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved