Berita Muara Enim

Beragam Adat Istiadat Perkawinan di Muaraenim Tampil di Colorful Muaraenim Festival 2019

Berbagai adat dan budaya masyarakat dari berbagai kecamatan di Kabupaten Muaraenin ditampilkan dalam Karnaval Budaya Daerah

Beragam Adat Istiadat Perkawinan di Muaraenim Tampil di Colorful Muaraenim Festival 2019
Istimewa
Berbagai adat dan budaya masyarakat dari berbagai kecamatan di Kabupaten Muaraenin ditampilkan dalam Karnaval Budaya Daerah yang digelar dalam rangka rangkaian kegiatan Colorful Muaraenim Festival Tahun 2019, Sabtu (27/4/2019). 

TRIBUNSUMSEL.COM, MUARAENIM-Berbagai adat dan budaya masyarakat dari berbagai kecamatan di Kabupaten Muaraenin ditampilkan dalam Karnaval Budaya Daerah yang digelar dalam rangka rangkaian kegiatan Colorful Muaraenim Festival Tahun 2019, Sabtu (27/4/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Muaraenim Ahmad Yani yang sekaligus langsung melepas peserta Karnaval.

Turut hadir Wakil Bupati Juarsah, Ketua TP PKK Kabupaten Muaraenim Sumarni Ahmad Yani, Ketua GOW kabupaten Muaraenim Nurhilya Juarsah, Dandim 0404 Muaraenim Letkol Inf Safrudin, Kapolres Muaraenim AKBP Afner Juwono.

Dalam kegiatan Karnaval Budaya Daerah tersebut beragam adat istiadat perkawinan di Kabupaten Muaraenim ditampilkan oleh masing-masing peserta yang unjuk aksi dihadapan Panggung Kehormatan.

Colorful Muara Enim Festival 2019 : Bupati Ahmad Yani Minta Kekhasan Muara Enim Ditonjolkan

Diantaranya adat perkawinan di kecamatan Ujanmas yakni Manggil Mendak Meraje, kemudian Ngantat Perbiye yakni adat perkawinan dari Semende Darat Ulu,

Adat Ambinan Tinggi dari adat Tunggu Tubang Semende, serta Adat lamaran dodol minta wali dari kecamatan Lawang Kidul dan adat lamaran dari kecamatan lainnya,

Kemudian beragam macam Seni Tari, Teater, Bela Diri, dan juga Seni Reog serta Kuda Lumpingpun tampil secara silih berganti memeriahkan kegiatan.

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muaraenim sekaligus ketua Panitia, Drs Zainal Abidin menjelaskan, karnaval tersebut diikuti oleh 107 tim perserta.

"70 diantaranya adalah pelajar SD, SMP Dan SMA, 26 orang peserta dari berbagai sanggar dan tim Kecamatan serta 11 tim dari berbagai komunitas kesenian yang ada di kabupaten Muaraenim," jelasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa untuk kegiatan ini setiap tim minimal dapat mengirim sebanyak 10 orang peserta dan maksimal sekitar 40 orang peserta.

Muara Enim Raih Juara 1 Dokumen Perencanaan Terbaik dan Juara 2 Kategori AMPL

Halaman
12
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved