Berita SMK PP Negeri Sembawa

Siswa SMK Sembawa Formulasikan Ransum Itik Petelur

Siswa SMK PP Negeri Sembawa program studi Agribisnis Ternak Unggas kelas X praktik memformulasikan ransum itik petelur, Selasa (29/1/19)

Siswa SMK Sembawa Formulasikan Ransum Itik Petelur
Istimewa
Siswa SMK PP Negeri Sembawa program studi Agribisnis Ternak Unggas kelas X praktik memformulasikan ransum itik petelur, Selasa (29/1/19). 

TRIBUNSUMSEL.COM, BANYUASIN-Siswa SMK PP Negeri Sembawa program studi Agribisnis Ternak Unggas kelas X praktik memformulasikan ransum itik petelur, Selasa (29/1/19).

Diketahui unggas ini merupakan unggas air yang menghasilkan produksi utama yakni telur.

Dalam mata pelajaran dasar pemeliharaan ternak siswa dibimbing oleh Ibu Erra Kartika, S Pt, M Si. siswa diajarkan menganalisis sumberdaya pakan yang ada dan memformulasikannya.

"Siswa kami bimbing untuk kerja langsung ke lapangan untuk mengelola ternak mulai dari memberi pakan, memelihara sampai pada menjual produknya yaitu telur itik dan olahan telur asin" Kata Erra Kartika, Selasa (29/1/2019).

Susunan ransum itik terdiri dari tepung jagung, dedak halus, konsentrat, kepala ikan yang sudah dihaluskan, minyak sayur, lisin, metionin dan premiks. Semua bahan dicampur rata sesuai.

Sedangkan telur merupakan hasil akhir dari organ reproduksi unggas betina dimana kaya akan protein, untuk mendapatkan hasil telur yang maksimal maka perlu pakan yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan itik tersebut. (SP/ALAN NOPRIANSYAH)

Editor: Wawan Perdana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved