Berita SMK PP Negeri Sembawa

SMK PP Negeri Sembawa Jalin Kerjasama dengan PIS Agro dan PT Sinar Mas

Pusat Pendidikan Pertanian memfasilitasi Pertemuan SMK PP Negeri dengan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI), PT Sinar Mas dan PISAgro.

SMK PP Negeri Sembawa Jalin Kerjasama dengan PIS Agro dan PT Sinar Mas
ISTIMEWA
Pusat Pendidikan Pertanian memfasilitasi Pertemuan SMK PP Negeri dengan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI), PT Sinar Mas dan PISAgro. 

SMK PP Negeri Sembawa Jalin Kerjasama dengan PIS Agro dan PT Sinar Mas

TRIBUNSUMSEL.COM BANYUASIN - Pusat Pendidikan Pertanian memfasilitasi Pertemuan SMK PP Negeri dengan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI), PT Sinar Mas dan PISAgro.

PIS Agro (Partnership for Indonesia’s Sustainable Agriculture- Kemitraan Pertanian Berkelanjutan Indonesia) sendiri merupakan kemitraan publik-swasta yang bertujuan mendukung pemerintah Indonesia dalam mengatasi isu ketahanan pangan nasional dengan cara meningkatkan produksi komoditas pertanian secara berkelanjutan dan meningkatkan penghidupan para petani kecil.

Abdul Roni Angkat, perwakilan dari Pusat Pendidikan Pertanian menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menghubungkan Dunia Usaha dan Dunia Industri dengan SMK PP Negeri Sembawa sebagai salah satu persiapan pendirian Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Sembawa, serta mengajak DUDI untuk memberikan teaching factory yang sesuai standar di sekolah/polbangtan.

Martini mewakili PIS Agro mengatakan, pentingnya pendidikan vokasi untuk pengembangan SDM Pertanian yang akan mendukung keberlanjutan pertanian yang menjadi masalah saat ini.

"Dengan lahan yang semakin sempit dan berkurangnya petani, tentunya penyiapan SDM Pertanian oleh polbangtan dapat menjadi jawaban," kata Martini.

Martini mengatakan ke depannya akan diadakan pendampingan dengan memberikan pendidikan melalui kuliah umum.

"Ke depan perusahaan yang memberikan kuliah umum ke siswa/mahasiswa, dibuat scadule, dilakukan pemantauan dan melihat potensi yang bisa dikerjasamakan, beberapa perusahaan dan tim kerja vokasi memberikan program terkait kebutuhan perusahaan." beber Martini mewakili PIS Agro.

Hal itu dikarenakan potensi yang ada di SMK PP Negeri Sembawa dapat ditingkatkan untuk pengembangan model farm yang dapat berhubungan dengan perusahaan-perusahaan dibawah naungan PISAgro.

Insan Syafaat dari PT Sinar Mas mengatakan SMK PP dengan potensi kebun yang ada dapat bekerjasama dengan Sinar Mas terkait budidaya kelapa sawit misalnya dalam hal bagaimana mebuat kebun yang ada sesuai dengan standar perusahan, bisa melalui replanting, budidaya, monitoring, pemberiaan beasiswa bagilulusan, pendampingan ahli dari sinar mas.

Mattobi’i sebagai kepala SMK PP Negeri Sembawa berharap peluang kerjasama ini dapat diambil dengan baik oleh pihak sekolah, untuk mencapai tujuan menjadikan sekolah vokasi yang mempunyai Teaching Factory yang berstandar internasional.

"Semoga kerjasama dapat berjalan dengan baik terutama dari pihal sekolah, kita semua berharap dapat mencapai tujuan menjadikan sekolah vokasi yang mempunyai teaching factory yang berstandar Internasional,"beber Mattobi.

SRIPOKU.COM/ALAN NOPRIANSYAH
Foto bersama dengan Pisiagro dan PT Sinarmas. Jumat (11/1/2019).

Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved