PT Servo Marga Sejahtera Bangun Jalur Kereta Api Khusus Batubara di Sumsel, Bisa Hemat Waktu 5 Jam

Jalur kereta api untuk angkutan batubara ini dibangun sepanjang 150 KM. Jalurnya melintasi tiga kabupaten yaitu Lahat, Muara Enim dan Ogan Ilir

PT Servo Marga Sejahtera Bangun Jalur Kereta Api Khusus Batubara di Sumsel, Bisa Hemat Waktu 5 Jam
Tribun Sumsel/ Linda Trisnawati
Gubernur Sumsel Alex Noerdin menghadiri Ground Breaking Ceremony Pembangunan Jalur Kereta Api Khusus Batubara Servo Railway, Muara Enim, Rabu (19/9/2018). 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Linda Trisnawati

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Melihat besarnya potensi sumber daya batubara yang ada di Provinsi Sumatera Selatan dan semakin meningkatnya kebutuhan batubara maka PT Servo Marga Sejahtera berinvestasi membuat jalur kereta api untuk angkutan batubara.

Komisioner Servo Railway, Widi Hartono mengatakan, jalur kereta api untuk angkutan batubara ini akan dibangun sepanjang 150 KM.  Jalurnya melintasi tiga kabupaten yaitu Lahat, Muara Enim dan Ogan Ilir.

"Dengan dibuatnya jalur kereta untuk angkutan batubara ini jadi lebih efisien, baik dari segi waktu dan biaya transpotasi," ujarnya saat Ground Breaking Ceremony Pembangunan Jalur Kereta Api Khusus Batubara Servo Railway, Muara Enim, Rabu (19/9/2018).

Baca: Via Vallen Meriahkan Panggung Hiburan Pilkada Damai dan Sukses Asian Games 2018

Baca: Formasi CPNS Bangka Belitung 2018, Download PDF Rincian Formasi Kuota Bangka Tengah, Bangka Barat

Lebih lanjut ia menjelaskan, dari segi waktu bisa hemat 4-5 jam sedangkan dari segi biaya angkutan transportasi bisa hemat 1/10 dibandingkan jika menggunakan truk.

Sementara itu Gubernur Sumsel, Alex Noerdin mengatakan, bahwa mengapresiasi dibuatnya jalur kereta api khusus untuk angkutan batubara ini.

Apalagi di Sumsel ini memang potensi sumber daya batubaranya cukup banyak.

Baca: Resiyanti, PNS Disbudpar Sumsel Meninggal Usai Kecelakaan di Depan RSI Siti Khodijah

Baca: 24 September, Astra Jual Mobil Toyota Fortuner Hanya Rp 50 Juta, Cara Semudah Ini Dapatinya

"Separuh sumberdaya batubara di Indonesia ada di Sumsel. Potensi sumberdaya batubara di Sumsel sebesar 21 miliar ton. Maka dengan dibangunnya jalur kereta ini diharapkan bisa meningkatkan volume produksi dan kelancaran angkutan batubara," ujarnya.

Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved