Arus Mudik Lebaran

Ini Titik Rawan Longsor, Pasar Tumpah, Banjir dan Macet di Jalur Mudik Sumsel

Gubernur Sumsel, Alex Noerdin menghadiri apel Gelar Pasukan Kesiapan Angkutan Lebaran Tahun

Penulis: Linda Trisnawati | Editor: Melisa Wulandari
Tribunsumsel.com
Ilustrasi mudik 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Gubernur Sumsel, Alex Noerdin menghadiri apel Gelar Pasukan Kesiapan Angkutan Lebaran Tahun 2018 di Terminal Alang-Alang Lebar KM 12 Palembang.

Dalam kesempatan itu Alex menagatakan, untuk awak moda angkutan mudik Lebaran agar mengutamakan keamanan pemudik supaya selamat sampai ditujuan.

"Berikan kenyaman, keamanan dengan perjalanan yang lancar, sehingga penumpang sampai tujuan dengan selamat," ujarnya saat memimpin apel Gelar Pasukan Kesiapan Angkutan Lebaran Tahun 2018 di Terminal Alang-Alang Lebar, Jumat (8/6/2018).

Baca: Penutupan Arus Jalan di Simpang 4 Sukajadi Baturaja, Pemudik Bisa Lewat Cor Beton

Sebagaimana diketahui bahwa angkutan Lebaran yang dilaksanakan setiap tahun merupakan tugas dan tanggung jawab bersama, terutama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang akan bersilaturahmi dengan keluarga masing-masing.

Pada angkutan Lebaran tahun 2018 ini, diperkirakan akan ada lonjakan pergerakan penumpang dalam masa angkutan Lebaran dengan memperhatikan pengalaman di tahun 2017.

Terlihat bahwa lonjakan pergerakan penumpang meningkat lebih kurang 7 persen terutama pada H-5 dan H+3,

Baca: Kini Mantap Berhijab, Akun Ini Beberkan Reaksi Tak Terpuji Mulan Jameela Lewat Foto,Miris Sekali

sehingga dalam pelaksanaannya diperlukan koordinasi yang terpadu terhadap petugas yang terkait terutama dalam hal keamanan, kenyamanan, kelancaran dan keselamatan selama dalam perjalanan.

"Sudah merupakan tugas dan tanggung jawab kita bersama dalam upaya meminimalisir tingkat kecelakaan, baik darat, laut, udara dan kereta api.

Untuk itu kita perlu mempersiapkan dengan baik sarana dan prasarana, serta petugas yang telah ditunjuk untuk melakukan pengawasan,

Baca: Lebaran 1439 H Sebentar Lagi, Inilah Bacaan Lengkap Takbiran Sambut Idul Fitri

pengendalian dan pelayanan terhadap kelancaran dan keselamatan lalu lintas serta memperhatikan kesiapan dan kesehatan para awak tiap-tiap moda angkutan," ujar Alex.

Selanjutnya, Alex juga mengingatkan perlu diperhatikan bahwa kondisi cuaca yang tidak bersahabat dan titik rawan longsor juga akan mempengaruhi kelancaran,

kenyamanan dan keselamatan lalu lintas yang dapat menjadi salah satu faktor penghambat dan penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Baca: Ini 155 Titik Rawan Jalur Mudik di Sumsel

"Sebagai antisipasi terhadap kemacetan dan terjadinya kecelakaan lalu lintas angkutan jalan, jajaran perhubungan Provinsi Sumsel juga telah mempersiapkan mobil derek yang ditempatkan pada jalur angkutan Lebaran," bebernya.

Adapun titiknya di Kabupaten Banyuasin dan Kabupaten Ogan Ilir serta kabupaten lainya, untuk menjaga kelancaran arus lalu lintas selama masa angkutan Lebaran berlangsung.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved