Mufidah JK Pesan Motif Songket Jangan Diubah

Mufidah berjanji akan mengimbau Menteri Perdagangan agar membuka keran khusus impor bagi bahan baku tersebut

Mufidah JK Pesan Motif Songket Jangan Diubah

Laporan Wartawan Tribun Sumsel Weny Ramdiastuti

PALEMBANG,TRIBUN - Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Hajah Mufidah Jusuf Kalla punya pesan mendalam untuk perajin songket Palembang. Motif songket yang sudah bagus hendaknya tidak diubah lagi. Kalau mau mengubah cukup warnanya saja.

"Kan motifnya sudah bagus dan sudah pakem. Tapi bisa dikembangkan untuk memenuhi tuntutan pasar dengan menyesuaikan warnanya dengan selera konsumen,"kata istri Wakil Presiden RI itu saat diwawancara Tribun Sumsel di Griya Agung, Jumat (11/5).

Mufidah dan tim Dekranas kemarin tiba di Palembang untuk membuka sinergi Kementrian Koperasi dan UKM dengan Dekranas dan Tim Penggerak PKK Sumsel. Ikut dalam rombongan Mufidah di antaranya istri Mendagri Erni Guntarti Tjahjo Kumolo dan istri Menteri Agraria dan Tata Ruang Indonesia, Ratna Megawangi Sofyan Djalil.

Sementara dalam diskusi dengan perajin-perajin songket di Griya, Mufidah mengarahkan motif songket sebaiknya dijaga keasliannya.

"Setiap daerah kan punya pakem tertentu. Dan sudah jadi ciri Palembang,"kata Mufidah yang menjadi Ketua Dekranas sejak 2014 itu.

Menjawab pertanyaan perajin tentang sulitnya mendapatkan bahan baku benang emas dan sutra, Mufidah berjanji akan mengimbau Menteri Perdagangan agar membuka keran khusus impor bagi bahan baku tersebut.

Pada kesempatan itu, Mufidah juga merespon usulan istri Plt Walikota Lingau Lenny Ricky tentang peran perusahaan-perusahaan swasta dan BUMN untuk membantu perajin. Mufidah akan menyambungkan usulan itu ke Kementrian BUMN agar perusahaan bisa menyalurkan bantuannya melalui CSR masing-masing.

Secara umum, Mufidah menilai Dekranasda Sumsel di bawah kepemimpinan Ibu Eliza sudah berjalan baik. Produknya bagus-bagus. Pameran-pameran yang diikuti Dekranasda Sumsel menurut Mufidah selalu diminati masyarakat dan laris.

Dalam wawancara khusus secara singkat dengan Tribun Sumsel, Mufidah mengaku senang akan songket Palembang.

"Semua bagus. Semua dari Sumatera bagus,"kata Mufidah yang berasal dari Sumatera Barat itu.
Tentang makanan khas Sumsel yang disukai ia mengaku suka pindang ikan. "Kalau saya menyebutnya seperti asam pade,"ujar perempuan bertubuh mungil itu. 

Penulis: Weny Ramdiastuti
Editor: Weny Ramdiastuti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved