Letizia: Satu Puskesmas Minimal Dilayani Dua Dokter

11 puskesmas yang ada sudah terakredtasi oleh pemerintah pusat, yang mana pada tahun ini 16 puskesmas lagi akan terakreditasi.

Letizia: Satu Puskesmas Minimal Dilayani Dua Dokter
Tribunsumsel.com/Slamet Teguh Rahayu
Plt Kepala Dinas Kesahatan Palembang, Letizia 

Laporan wartawan Tribunsumsel.com, Slamet Teguh Rahayu

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Plt Kepala Dinas Kesahatan, Letizia mengatakan, jika dokter yang dimiliki oleh Pemkot Palembang, saat ini sudah cukup untuk di tempatkan di puskesmas yang ada di kota Palembang.

Hanya saja, menurut Letizia, jumlah dokter tersebut harus dioptimalkan dengan turunkan untuk membantu puskesmas pembantu.

"Sudah cukup, satu puskesmas itu, ada dua dokter. Tapi memang pak walikota ingin, agar dokter yang ada bisa melayani 70 puskesmas yang ada. Memang mungkin tidak setiap hari, namun terjadwal," katnya.

Letizia juga mengatakan, dari 41 puskesmas yang ada di kota Palembang.

11 puskesmas yang ada sudah terakredtasi oleh pemerintah pusat, yang mana pada tahun ini 16 puskesmas lagi akan terakreditasi.

"10 dari 11 puskesmas yang terakreditasi ini, sudah memiliki dokter spesialis, sehingga bisa mengobati sendiri. Dokter-dokter spesialis ini, memang kita tempatkan ke puskesmas-puskesmas yang ramai pasiennya ya, seperti puskesmas merdeka," jelasnya.

‎Letizia pun menyebutkan, jika seluruh puskemas dan Puskesmas yang ada di kota Palembang, sudah menjadi badan layanan umum daerah (BLUD) penuh, yang artinya pengelolaan dana di puskesmas tersebut, langsung di kelola oleh puskesmas tersebut.

"Jadi keuntungannya, puskesmas menjadi flesksibel dalam penggunaan dana. Jika mau apa-apa-apa, tidak perlu menunggu ijin dan minta dari Pemkot. Pelayanan juga menjadi akn lebih maksimal," tegasnya.

Penulis: Slamet Teguh Rahayu
Editor: Kharisma Tri Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved