Berita Palembang

Siswa SMP Negeri 12 Palembang Study Tour ke Graha Tribun, Lihat dari Dekat Cara Cetak Koran

Untuk mengenal media informasi berupa berita cetak atau koran dan berita online puluhan siswa SMP Negeri 12 Palembang studi tour ke Graha Tribun

Siswa SMP Negeri 12 Palembang Study Tour ke Graha Tribun, Lihat dari Dekat Cara Cetak Koran
Tribun Sumsel/ Ayu Kuta Sari
Puluhan siswa SMP Negeri 12 Palembang studi tour ke Graha Tribun, Kamis (11/4/2019). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Untuk mengenal media informasi berupa berita cetak atau koran dan berita online puluhan siswa SMP Negeri 12 Palembang studi tour ke Graha Tribun, Kamis (11/4/2019).

Study tour diawali penjelasan seluk beluk dunia jurnalistik, cara penulisan berita dan cara menghindari penyebaran berita hoax.

Beberapa siswa antusias bertanya mengenai cara menulis berita, landasan dasar menulis berita, dan untuk menumbuhkan inspirasi menulis.

Sudarwan Manajer Online sripoku.com menjelaskan, dalam menulis harus ada 5W 1H yang artinya What, Who, When, Where, Why, dan How, artinya Apa, Siapa, Kapan, Dimana, Mengapa, dan Bagaimana. 

Niat Puasa Ramadan dan Tata Cara Mandi Wajib (Junub) Laki - Laki dan Perempuan

Kesedihan Pemilik Bakso Pakde Palembang Usai Difitnah Bakso Pakai Daging Tikus, Sepi Karena Fitnah

Ia menjelaskan kepada siswa-siswi SMPN 12 Palembang bagaimana membedakan gosip atau berita.

"Gosip itu desas desus yang belum diketahui kebenarannya sedangkan berita merupakan kabar atau cerita bisa juga keterangan tentang kejadian yang sedang hangat diperbincangkan, bisa juga sebagai laporan, pengumuman atau
pemberitahuan," katanya.

Sudarwan menjelaskan bahaya menyebarkan berita hoax. Ia menambahkan berita harus berdasarkan kebenaran. Kemudian meskipun berita itu benar berita tidak boleh mengandung unsur kebencian karena saat ini ada yang namanya UU ITE untuk orang orang yang menyebarkan berita hoax.

Setelah mendengar paparan tentang seluk beluk profesi di dunia media ataupun jurnalistik siswa siswi SMP Negeri 12 diajak tour keliling tempat percetakan di Graha Tribun dimana hasil tulisan berita dicetak di sana.

Siswa antusias saat melihat mesin dan ruang percetakan dan memperhatikan dengan seksama. (TS/ Ayu Kuta Sari)

Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved