Berita OKU Timur

Dana Desa OKU Timur Cair Awal Bulan April Ini

TRIBUNSUMSEL.COM, MARTAPURA-Dana Desa (DD) untuk Kabupaten OKU Timur yang diperuntukkan bagi 305 desa segera cair awal Bulan April 2019

Dana Desa OKU Timur Cair Awal Bulan April Ini
Tribun Sumsel/ Linda Trisnawati
Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya memberikan penjelasan tentang pengawasan dan manfaat dana desa di Griya Agung Palembang, Senin (4/2/2019) 

TRIBUNSUMSEL.COM, MARTAPURA-Dana Desa (DD) untuk Kabupaten OKU Timur yang diperuntukkan bagi 305 desa segera cair awal Bulan April 2019.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) H Rusman, Selasa (2/4/2019).

"Paling cepat disalurkan pada awal April untuk tahap pertama 20 persen, tahap ke dua 40 persen dan tahap ke tiga 40 persen. Jadi disalurkan dalam tiga tahap, sesuai dengan peraturan perundang-undangan," katanya.

Adapun mekanisme pencairannya kata dia, tahap kedua akan disalurkan setelah tahap pertama terserap dan selesai dikerjakan.

Sedangkan untuk nominal dana yang disalurkan lanjutnya, tidak sama sesuai dengan jumlah penduduk, letak geografis dan jumlah tingkat kemiskinan serta aspek lainya.

Gandeng Artis Pendukung Jokowi-Amin, TKN Gelar Konser Putih Bersatu di GBK

Fakta Sebenarnya Soal Video Viral Perkelahian 2 Pria di Prabumulih, Satu Lawan Masuk ICU dan Kritis

"Besaran dana desa yang kita salurkan ke desa tidak sama, hal ini juga sudah di atur dalam perundang-undangan."

"Kemudian diimbau juga kepada seluruh kepala desa agar dapat menggunakan dana dana sesuai dengan aturan yang ada," jelasnya.

Sementara untuk pemanfaatannya masih dipergunakan untuk pembangunan infrastruktur sosial dasar dan pemberdayaan ekonomi.

4 April Pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Jalur Zonasi Palembang, Kuota 40 Persen

Gubernur Herman Deru: Jangan Ada Lagi Anak Stunting di Sumsel

Dengan demikian, dana desa benar-benar dapat memberikan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hidup, meningkatkan kesejahteraan dan mengurangi kemiskinan di pedesaan.

"Selain membangun insfratuktur di desa, ada juga Badan Usaha Milik Desa, yang tujuanya untuk meningkatkan perekonomian desa itu sendiri. Salah satunya dengan mengembangkan inovasi yang ada di setiap desa masing-masing," jelasnya.

Editor: Wawan Perdana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved