Dana Sumbangan Kampanye Probowo-Sandi di Sumsel Rp 0, Jokowi-Amin Rp 100 Juta

Tim Kampanye pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden 2019 telah menyerahkan LPSDK. Jokowi-Amin Rp 100 Juta, Prabowo-Sandi Rp 0.

Dana Sumbangan Kampanye Probowo-Sandi di Sumsel Rp 0, Jokowi-Amin Rp 100 Juta
Grafis Tribunwow/Kurnia Aji Setyawan
Prabowo Subianto - Sandiaga Uno vs Joko Widodo - Maruf Amin 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Tim Kampanye pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden 2019 tingkat provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) telah menyerahkan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) ke KPU setempat.

Penyerahan sebelum batas akhir penyerahaan 2 Januari pukul 18.00 wib.

Calon DPD Perempuan Ini Sumbangan Dana Kampanyenya Paling Besar, Ini Jumlahnya

Dari laporannya, tim kampanye pasangan calon presiden dan wapres nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi)- Ma'aruf Amin, melaporkan LPSDKnya sebanyak Rp 100 juta.

"Sesuai laporan LPSDK, tim kampanye Jokowi- Amin ada sumbangan Rp 100 juta, namum tidak dilengkapi bukti tanda terima sumbangan," kata komisioner KPU Sumsel Divisi Hukum Dan Pengawasan Hepriyadi, Jumat (4/1/2019).

Sementara laporan LPSDK pasangan calon presiden dan wapres nomor urut 02, Prabowo Subianto- Sandiaga Uno Rp nol.

"Untuk pasangan Prabowo- Sandiaga nol, yang dilaporkan," terangnya.

Sekedar informasi, sumbangan dana kampanye yang sah itu berdasarkan PKPU nomor Peraturan KPU Nomor 24 Tahun 2018.

Syarat utama penyumbang dana, adalah kejelasan status yang merujuk pada identitas penyumbang, asal dana, nomor pokok wajib pajak (NPWP), tidak menunggak pajaknya, dan tidak pailit bagi penyumbang perseorangan.

Dimana, ada tiga kriteria sumber dana kampanye pada pemilu dari parpol, perseorangan, dan kelompok atau perusahaan. Untuk dana yang bisa diperoleh dari perseorangan maksimal Rp 2,5 miliar dan Rp 25 miliar dari perusahaan swasta atau badan usaha yang diterima parpol.

Sedangkan, Capres cawapres bisa terima Rp 25 miliar sumbangan dana kampanye dari parpol. Jumlah yang sama juga berlaku untuk sumbangan dari perusahaan atau kelompok.

Halaman
123
Penulis: Arief Basuki Rohekan
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved